Jalur Selatan dan Alternatif Layak Dilintasi Pemudik

Rep: gilang akbar prambadi/ Red: Taufik Rachman

Kamis 01 Aug 2013 20:37 WIB

 Sejumlah pemudik bermotor mulai berdatangan di jalan raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (26/8). (Adhi Wicaksono) Sejumlah pemudik bermotor mulai berdatangan di jalan raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (26/8). (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mabes Polri berusaha all out dalam pengamanan mudik tahun ini. Ditegaskan Polri, untuk operasi tahun 2013, pertama kalinya Mabes Polri menyediakan pasukan khusus sebanyak 6.200 personel. Ribuan anggota ini akan dikhususkan menjaga jalur pantai utara (pantura) yang berada di bawah wilayah hukum Polda Jawa Barat (Jabar).

Kabag Penum Polri Kombes Agus Rianto menjelaskan, alasan diterjunkannya ribuan pasukan ini karena antusiasme pemudik menggunakan Pantura sangat tinggi. Padahal, kata dia, Polri sudah ikut memantau jalur Selatan dan sejumlah jalur alternatif yang ada.

"Dan jalur-jalur ini layak kok. Sudah banyak yang mulus dan bagus, mudah-mudahan konsentrasi pemudik bisa ikut beralih ke jalu-jalur ini dan tidak hanya Pantura yang jadi Primadona," kata dia di Mabes Polri Kamis (1/8).

Agus melanjutkan, perihal pengamanan jalur alternatif pun tak akan lepas dari pengawasan petugas. Dia berujar, untuk setiap jalur 'tikus' ini Polri sudah menyiapkan pasukan untuk menemani pemudik.

"Operasi ini menerjunkan 2/3 kekuatan Polri. Bahkan khusus 6.200 personel dari markas besar tidak akan cuti. Silakan gunakan jalur yang tersedia dan tetap waspada," ujar perwira melati tiga ini.

Terpopuler