Daop II Sudah Operasikan Lima Kereta Lebaran

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Kamis 01 Aug 2013 17:25 WIB

Pemeriksaan tiket penumpang kereta api Foto: Antara Pemeriksaan tiket penumpang kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--PTKA Daop II Bandung mulai mengoperasikan KA Lebaran untuk mendukung angkutan lebaran dari Bandung ke sejumlah daerah di Jateng, Yogyakarta dan Jatim.

"KA Pasundan Lebaran Bandung - Surabaya sudah diberangkatkan Kamis pagi sekitar pukul 09.30 WIB, menyusul KA Pasundan yang diberangkatkan pukul 07.05 WIB," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Jaka Djarkasih di Bandung, Kamis (1/8).

KA Pasundan Lebaran berangkat dari Stasiun Kiaracondong Kota Bandung dengan okupansi penumpang sekitar 80 persen dari kapasitas. Meski belum penuh, kata Jaka, masyarakat sudah mengetahui tentang layanan KA lebaran itu.

Selain KA Pasundan Lebaran, juga diberangkatkan KA Lodaya Pagi Lebaran jurusan Bandung - Solo yang diberangkatkan setelah KA Lodaya reguler.

Sementara itu KA Lebaran lainnya yang akan diberangkatkan pada Kamis malam adalah KA Lodaya malam Lebaran Bandung - Solo pukul 20.00 WIB daro Stasiun Bandung serta KA Ekspres Kutojaya Selatan Bandung - Kutoarjo dari Stasiun Kiaracondong.

"Hari pertama angkutan Lebaran 2013 di Stasiun Bandung dan Kiaracondong berlangsung lancar, jumlah penumpang sudah mulai meningkat karena Kamis merupakan hari terakhir sekolah," kata Jaka.

Ia memprediksi, lonjakan penumpang akan terjadi pada Jumat hingga Minggu, dan puncaknya diprediksi terjadi pada Senin dan Selasa mendatang.

"Arus mudik cukup panjang, namun dipastikan tidak akan terjadi bludakan penumpang karena hanya penumpang yang memegang tiket yang datang ke stasiun, dan kapasitas kereta juga 100 persen tempat duduk," kata Jaka.