Pemudik Bermotor Lintasi Bekasi Diprediksi 7 Juta

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Kamis 01 Aug 2013 16:43 WIB

 Sejumlah pemudik bermotor mulai berdatangan di jalan raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat. Sejumlah pemudik bermotor mulai berdatangan di jalan raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI-- Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, memprediksi sekitar 7 jutaan motor pemudik akan melintasi Kota Bekasi selama arus mudik Lebaran tahun ini.

"Jumlah itu merupakan prediksi yang kami hitung dari peningkatan jumlah pemudik motor setiap tahun," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota Kompol Arsal Sahban di Bekasi, Kamis (1/8).

Pemudik bersepeda motor selalu meningkat signifikan. Jumlah pemudik dengan berkendara sepeda motor pada tahun 2010 mencapai 3,5 juta unit.

Pada tahun 2012 menjadi sekitar 5.000.000 unit. "Diperkirakan pada tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 6 juta-7 juta unit sepanjang arus mudik Lebaran," katanya.

Kendati demikian, kepolisian tidak khawatir akan terjadi penumpukan kendaraan dalam jumlah berlebih pada satu titik selama arus mudik berlangsung.

"Sebab, kita ketahui bersama agenda cuti bersama pegawai negeri dan swasta cukup panjang mulai Jumat (2/8) besok sehingga diperkirakan arus kendaraan mudik akan terurai," katanya.

Arsal mengatakan puncak arus mudik pada tahun ini diperkirakan berlangsung pada Sabtu (3/8) dan Ahad (4/8). "Sebab, waktunya bersamaan dengan akhir pekan dan dimulainya cuti bersama," katanya.

Terpopuler