Lima Bandara Dapat Pengamanan Khusus

Red: Hazliansyah

Kamis 01 Aug 2013 17:39 WIB

Sejumlah pengunjung melintas di dalam terminal Bandara Internasional Kualanamu Kab Deli Serdang, Sumut, Kamis (4/7). Foto: Antara Foto Sejumlah pengunjung melintas di dalam terminal Bandara Internasional Kualanamu Kab Deli Serdang, Sumut, Kamis (4/7).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan sebanyak lima bandara internasional mendapatkan pengamanan khusus selama musim mudik dan balik Lebaran 2013.

Kelima bandara tersebut yakni Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandara Kualanamu di Medan, Bandara Ngurah Rai di Bali, Bandara Hasanudin di Makasar, Bandara Juanda di Surabaya, kata Menhub usai meninjau kesiapan angkutan lebaran di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis.

"Kelima bandara tersebut bersakala besar dan akan mendapatkan pengamanan dan penambahan petugas," katanya.

Meski demikian, pengamanan di bandara lain tetap menjadi prioritas karena melayani angkutan lebaran bagi para pemudik.

Untuk kelima bandara tersebut, lanjut Menteri, petugas yang akan disiagakan lebih banyak dibandingkan biasanya karena ada lonjakan penumpang yang sangat drastis.

Kemudian, untuk pengamanan pun akan mendapatkan perhatian khusus. Jajaran petugas gabungan dari kepolisian, TNI dan keamanan bandara akan bersiaga selama 24 jam.

Pelayanan angkutan lebaran akan terjadi selama waktu 24 jam penuh, terutama mendekati puncak lebaran. "Semuanya harus siapkan," katanya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri S. Sunoko mengatakan, angkutan lebaran di bandara dipastikan telah siap melayani penumpang. Mulai dari kesiapan maskapai pesawat yang mengangkut penumpang hingga pelayanan dari petugas.

"Semua perangkat sudah siap," ujarnya.

Terpopuler