14.000 Pemudik Padati Stasiun Pasar Senen

Red: Didi Purwadi

Kamis 01 Aug 2013 15:40 WIB

 Warga mengantre untuk membeli tiket perjalanan kereta api Lebaran 2013 di loket Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (8/5).  (Republika/Aditya Pradana Putra) Warga mengantre untuk membeli tiket perjalanan kereta api Lebaran 2013 di loket Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (8/5). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I Jakarta, Sukendar, mengatakan sekitar 14 ribu pemudik akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dengan 27 kereta.

"Ada sekitar 14 ribu penumpang dari Stasiun Pasar Senen dengan 27 kali pemberangkatan (kereta)," kata Sukendar, di Jakarta, Kamis.

Ke-27 kereta ini terdiri dari 18 kereta api reguler dan sembilan kereta tambahan lebaran. Jumlah penumpang ini mengalami peningkatan dibandingkan pada Rabu (31/7) yang mencapai 13.790 orang dengan 22 pemberangkatan (kereta).

Sukendar mengungkapkan bahwa jumlah penumpang dari Pasar Stasiun Senen ini merupakan yang terbanyak dari empat stasiun pemberangkatan di wilayah Daop I Jakarta.

"Pasar Senen terbanyak dengan diikuti Stasiun Gambir yang jumlahnya penumpang hampir berimbang,'' katanya. ''Berikutnya adalah Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Tanjung Priuk."

Sukendar mengatakan jumlah pemudik yang diberangkatkan dari Daop I rata-rata 32-34 ribu penumpang per hari.

"Ini hampir rata jumlah penumpangnya dari H-7 hingga H+7, sehingga tidak ada istilah puncak arus mudik untuk angkutan kereta api," tegas Sukendar.

Terpopuler