Jelang Lebaran Kasus Penipuan Dengan SMS Naik

Rep: Yulianingsih/ Red: Citra Listya Rini

Kamis 01 Aug 2013 13:08 WIB

SMS, ilustrasi Foto: Antara SMS, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2013 ini, kasus penipuan dengan short message service (SMS) justru meningkat. Bahkan, Kamis (1/8) pagi ini sudah ada tiga laporan yang masuk ke Polda Daerah Istimewa Yogyakarta terkait penipuan tersebut.

"Banyak tipu-tipu pakai SMS baik kecelakaan, pemberian beasiswa dan pembelian tiket," ujar Kapolda DIY, Brigjend Pol Haka Astana usai gelar pasukan pengamanan lebaran di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Kamis (1/8).

Menurut Haka, menjelang lebaran banyak cara yang ditempuh masyarakat untuk mencari keuntungan pribadi. "Banyak laporan. Jangan mudah percaya untuk sms itu. Kita mohon untuk cros cek ke kita kalau ada sms mencurigakan," ujarnya.

Penipuan tersebut sebagian besar mengabarkan ada anggota keluarga yang kecelakaan sehingga diminta untuk mentransfer sejumlah uang. Penipuan via sms tersebut juga berkembang menawarkan beasiswa dan pembelian tiket. 

Selain kasus penipuan via sms, pencurian kendaraan bermotor (curanmor) juga naik menjelang lebaran ini. Karenaitu, masyarakat diminta berhati-hati saat memarkir kendaraannya di tempat umum maupun di depan rumah.

Terpopuler