H-7 Lebaran, Lokasi Kemacetan Pindah ke Mal

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Citra Listya Rini

Kamis 01 Aug 2013 11:48 WIB

FX Mall, Senayan Foto: shopvaganza FX Mall, Senayan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah memprediksi adanya perpindahan lokasi kemacetan selama bulan Ramadhan. Apalagi kondisi seperti ini terjadi setiap tahunnya.

Kepala Bagian Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budianto mengatakan bulan puasa itu dibagi tiga fase kemacetan. Awal bulan kemacetan terjadi normal di seluruh jalan raya. Warga memilih untuk berbuka puasa di rumah.

''Waktu awal bulan hanya jam kemacetan yang berubah dari pukul 16.00 WIB sampai 19.00 WIB,'' katanya, Kamis (1/8).

Budianto melanjutkan perubahan jam kemacetan itu tetap menjelang lebaran. Hanya lokasinya yang berpindah. Menurut Budianto, pada pekan pertengahan Ramadhan, warga memadati restoran.

Jadi, kemacetan terjadi di sekitar rumah makan atau restoran. Pada minggu pertengahan warga lebih membuat acara keluarga dan rekan kerja untuk berbuka di luar. Sementara, pekan terakhir Lebaran atau jelang Lebaran, kemacetan berpusat di pusat perbelanjaan atau mal.

''Diprediksi sepekan jelang Lebaran, kemacetan disekitaran pusat perbelanjaan,'' ujar Budianto. Alasannya, warga sudah memikirkan untuk membeli kebutuhan perayaan hari Idul Fitri. 

Terpopuler