Mudik Gratis Kota Bekasi Resmi Ditutup

Rep: Irfan Abdurrahmat/ Red: Djibril Muhammad

Rabu 31 Jul 2013 23:40 WIB

 Para pengguna sepeda motor mendaftar mudik gratis di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (18/7).    (Republika/ Yasin Habibi) Para pengguna sepeda motor mendaftar mudik gratis di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (18/7). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pelaksanaan mudik gratis bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara resmi ditutup. Hal ini dikarenakan telah terpenuhinya beberapa kuota untuk sejumlah kota tujuan.

"Sejak pembukaan pendaftaran 17 Juli 2013 hingga hari ini tercatat 203 unit sepeda motor yang telah terdaftar. Dengan demikian sekitar 361 warga Kota Bekasi telah tercatat sebagai peserta mudik gratis ini," ujar Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Saut Hutajulu kepada Republika, Rabu (31/7).

Dia menjelaskan, setidaknya ada 12 tujuan dalam mudik gratis ini. Yakni, Lampung, Cirebon, Tasikmalaya, Cilacap, Tegal, Wonosobo, Magelang, Yogjakarta, Kebumen, Wonogiri, Solo dan Purwokerto. Adapun untuk tujuan mudik Semarang, akan diangkut menggunakan satu unit armada Kapal Ferry.

Dia memaparkan, ada empat kota tujuan yang banyak diminati warga. Untuk tujuan Yogyakarta, Wonosobo, Kebumen, Wonogiri dan Semarang telah memenuhi kuota keberangkatan mudik gratis kali ini.

Dia menambahkan, nantinya motor pemudik akan diangut menggunakan truk, sementara pemudik akan diangkut dengan bus. Saut menjelaskan, secara keseluruhan, telah 70 persen mudik gratis ini terpenuhi dari target awal. Sebab, dari pihak Kemenhub untuk beberapa tujuan telah memenuhi kuota.

Namun, untuk mudik gratis yang diselenggarakan oleh Dishub Kota Bekasi sendiri hingga saat ini masih dibuka. Menurut Saut, ada enam kota tujuan yang dibuka dalam program mudik gratis Dishub Kota Bekasi ini.

Di antaranya, Semarang, Yogyakarta, Solo, Kuningan, Tasikmalaya, dan Purwokerto. Untuk kota tujuan Yogyakarta, Solo dan Kuningan sudah memenuhi kuota.

Terpopuler