Manjakan Calon Penumpang, Bandara Hang Nadim Berbenah

Red: Hazliansyah

Rabu 31 Jul 2013 23:03 WIB

Bandara Hang Nadim Batam Foto: airports-worldwide.com Bandara Hang Nadim Batam

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan menambah jam operasional untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan tambahan penerbangan dari beberapa maskapai dalam menghadapi musim mudik Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Mulai H-7 (Kamis) jam operasional akan dibuka jam 06.00 WIB sampai 22.00 WIB. Biasanya hanya sampai pukul 21.00 WIB," kata Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suprasetyo di Batam, Rabu.

Meski demikian, kata dia, jika diperlukan jam operasional setelah pukul 22.00 WIB bisa saja ditambah sesuai permintaan maskapai.

"Walaupun secara resmi ditambah satu jam, namun jika dibutuhkan kami siap memberi pelayanan sampai jam berapapun. Kapasitas bandara memadai untuk beroperasi bahkan hingga 24 jam," kata dia.

Mulai H-7 kata dia, sejumlah maskapai seperti Lion Air, Sky Aviation, dan Citilink memastikan diri menambah penerbangan kesejumlah wilayah. Lion Air, kata dia, juga akan menambah penerbangan ke Surabaya, Padang, dan Jakarta masing-masing satu kali setiap hari.

Sky Aviation, akan menambah penerbangan ke Tanjungkarang dua kali sehari. Selanjutnya Citilink akan menambah penerbangan ke Surabaya dan Padang, Sumatera Barat.

"Kami juga sudah mempersdiapkan ruang tunggu tambahan bagi calon penumpang yang datang terlalu awal dan belum dibuka tempat check in agar mereka merasa nyaman saat menunggu," kata Suprasetyo.

Ia mengatakan, juga membuka dua pintu keberangkatan agar tidak terjadi penumpukan penumpang di depan ruang keberangkatan.

"Dua klinik juga kami siapkan mengantisipasi kondisi calon penumpang yang kelelahan dan membutuhkan perawatan kesehatan. Satu ambulans juga disiagakan bila ada yang membutuhkan perawatan lebih lanjut," kata dia.