Lima Titik Kemacetan di Bekasi Saat Mudik, di Mana Saja?

Red: Taufik Rachman

Rabu 31 Jul 2013 22:58 WIB

 Sejumlah pemudik bermotor mulai berdatangan di jalan raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (26/8).     (Adhi Wicaksono) Sejumlah pemudik bermotor mulai berdatangan di jalan raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (26/8). (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI--Polresta Bekasi, Jawa Barat, mencatat terdapat sedikitnya lima titik kemacetan di sepanjang lintasan mudik lebaran di wilayah setempat.

"Titik simpul kemacetan ini diharapkan menjadi perhatian khusus bagi pemudik, khususnya dari arah Jakarta menuju Pantura, serta petugas jaga untuk meningkatkan kewaspadaan," ujar Kasatlantas Polresta Bekasi Komisaris Ojo Rislaning di Jakarta, Rabu.

Kelima titik itu terdapat di Pasar Tambun, Pasar Induk Cibitung, Simpang Plaza Sentra Grosir Cikarang, pasar tumpah Lemahabang, dan perbatasan Kabupaten Bekasi-Kabupaten Karawang.

Menurut dia, penyebab kemacetan lalu lintas di lokasi itu berbeda-beda. Ada yang terjadi akibat penyempitan badan jalan, lalu lalang pejalan kaki, hingga ketidakakuratan rambu lalu lintas yang terpasang.

Namun demikian, pihaknya telah mengerahkan seluruh personel untuk mengurai kemacetan.

"Kami telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan menempatkan petugas jaga di masing-masing titik kemacetan yang akan bersiaga selama 24 jam saat masa mudik," katanya.

Menurut Ojo, kemacetan tersebut terjadi pada ruas jalan nasional yang menjadi jalur alternatif mudik dari arah Jakarta menuju Pantura.

"Bila kepadatan bertambah parah, saya sudah menginstruksikan agar pengaturan lalu lintas dilakukan secara manual dengan mengabaikan rambu lalu lintas yang ada," katanya.

Ojo menambahkan, pihaknya tidak akan segan memberikan sanksi hukum kepada setiap pelanggar aturan lalu lintas. "Setiap petugas lapangan kami bekali dengan surat tilang yang siap diberikan kepada para pelanggar," kata Ojo.

Terpopuler