Yuk Intip 'Tri Siap', Kiat Mudik Lancar dari Polri

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Rabu 31 Jul 2013 17:00 WIB

  Apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2013 di Lapangan Silang Monas, Selasa (30/7).  (Republika/ Yasin Habibi) Apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2013 di Lapangan Silang Monas, Selasa (30/7). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Lewat operasi ketupat tahun ini, Polri menyatakan lebih siap mengamankan mudik dan berharap masyarakat juga demikian. Tak hanya itu, polisi pun menyiapkan tips-tips khusus bagi masyarakat yang hendak pulang kampung menjelang lebarang.

Kiat tersebut dituangkan Polri dalam satu kata agar mudah diingat masyarakat. "Tri siap. "Kita rangkum semuanya dalam kata Tri Siap. Sebetulnya ada banyak poin tapi tiga ini yang paling penting," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Agus Rianto di kantornya Rabu (31/7).

Agus berujar, Tri Siap ini merangkum tiga kesiapan yang wajib dimiliki masyarakat sebelum mudik. Siap aturan, di sini Agus berharap, masyarakat dapat dengan keteguhan hati untuk selalu mau mengikuti peraturan dalam berkendara.

Kemudia poin kedua atau 'Siap diri' , Agus mengatakan, Polri meminta masyarakat agar sudah menyiapkan jiwa dan raga sebelum berangkat mudik.

"Ketiga, siap perlengkapan, diharapkan seluruh perlengakapan kendaraan maupun bekal mudiknya sudah disiapkan," kata dia.

Selain itu, menurut Agus tak bosan Polri juga mengingatkan masyarakat untuk menghindari penggunaan motor sebagai moda bermudik. Dia berujar, bila pun terpaksa sebaiknya lebih waspada. Agus mengingatkan pengguna sepeda motor harus bijak dan waspada saat berkendara.

"Ini bukan larangan, tapi imbauan demi keselamatan bersama. Kami siap, masyarakat siap, maka mudah-mudahan aktivitas mudik tahun ini berjalan lancar," ujarnya.

Terpopuler