Pelni Ambon Siapkan 9 Kapal Angkutan Lebaran

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Rabu 31 Jul 2013 16:39 WIB

Pemudik awal pengguna kapal tanpa bersiap menaiki kapal yang mengantarkan mereka ke kampung halaman. Setiap tahun Pelni mengerahkan kapal angkutan lebaran, sembilan kapal di antaranya disiagakan di Maluku (ilustrasi) Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Pemudik awal pengguna kapal tanpa bersiap menaiki kapal yang mengantarkan mereka ke kampung halaman. Setiap tahun Pelni mengerahkan kapal angkutan lebaran, sembilan kapal di antaranya disiagakan di Maluku (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON--PT Pelni Cabang Ambon menyiapkan sembilan kapal untuk mengangkut penumpang mudik Lebaran 1434 Hijriah.

"Sembilan kapal tersebut adalah KM Lambelu, KM Gunung Dempo, KM Ngapulu, KM Tidar, KM Pangrango, KM Kelimutu, KM Sangiang, KM Sabuk Nusantara 33 dan 34," kata General Manager PT Pelni Cabang Ambon Nelson Idris di Ambon, Rabu (31/7).

Sembilan kapal tersebut akan melakukan 32 kali kedatangan ke Pelabuhan Ambon dengan rute untuk wilayah timur sampai ke Jayapura sedangkan wilayah barat sampai ke Jakarta.

"Ada juga rute ke Makassar, Bau Bau, Bitung, Kupang termasuk sejumlah daerah di Maluku dan Maluku Utara," katanya. Bagi calon penumpang usia lanjut (Manula), veteran dan anggota TNI/POLRI yang bepergian diberikan diskon tiket.

"Untuk mendapatkan diskon harus menunjukkan kartu anggota bagi TNI/POLRI begitu juga manula maupun veteran harus menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Besarnya diskon tiket masing-masing tidak sama," kata Nelson.

Nelson menegaskan juga bahwa setiap penumpang harus membeli tiket sebelum berangkat, karena di tiket tersebut ada perlindungan jiwa penumpang melalui asuransi Jasa Raharja, Jasa Raharja Putra, dan ekstra asuransi Aspan.

"Apabila tidak memiliki tiket maka tidak terdaftar dalam manifes penumpang dan tidak mendapatkan hak-hak sebagai penumpang. Bila sweeping menemukan tidak memiliki tiket, akan didenda dua kali lipat," ujarnya.

Terpopuler