Jalur Alternatif Sepeda Motor Siap Sambut Pemudik

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dewi Mardiani

Rabu 31 Jul 2013 09:45 WIB

Pemudik sepeda motor Foto: Antara Pemudik sepeda motor

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dinas Bina Marga dan Pengairan Karawang, Jawa Barat (Jabar), mengeklaim jalur alternatif sepeda motor sudah siap dilalui pemudik. Jalur tersebut, selesai diperbaiki tiga hari yang lalu. Dengan begitu, jalur yang panjangnya sekitar 30 kilometer itu sudah mulus.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, mengatakan, jalur alternatif sepeda motor itu terbentang dari mulai Tanjung Pura-Johar-Lamaran-Telagasari dan keluar ke Cikalong (Jatisari). Kini, kondisinya sudah bagus.

"Kami telah berupaya untuk menyukseskan mudik tahun ini. Makanya, H-10 jalur tersebut selesai diperbaiki," ujarnya, Rabu (31/7).

Jalur alternatif itu, mampu menampung ratusan ribu sepeda motor. Mengingat, rute jalan itu semi bebas hambatan. Pemudik hanya terganggu di sejumlah titik. Yaitu, di setiap ada pasar kecamatan saja. Tapi, ke sananya pemudik tak akan menemui kendala. Jadi, bisa memacu kendaraannya lebih cepat lagi.

Meski demikian, kehati-hatian tetap harus diutamakan. Apalagi, bagi pemudik pemula yang belum mengetahui medan. Sebab, jalur alternatif itu banyak belokan dan banyak anak jalannya. Jika tak hati-hati, bisa terjatuh atau nyasar ke jalan lain.