Lanal Banten Siapkan Lima Kapal Patroli Amankan Pemudik

Red: Taufik Rachman

Rabu 31 Jul 2013 04:07 WIB

  Salah satu armada penyeberangan Ferry bersandar di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (29/7).  (Republika/Wihdan Hidayat) Salah satu armada penyeberangan Ferry bersandar di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (29/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID,SERANG--Pangkalan Angkatan Laut Banten menyiapkan lima kapal patroli untuk pengamanan mudik Lebaran 2013.

"Kami melakukan patroli untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang mudik Lebaran," kata Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Eko Yuri Andriantoro di Merak, Selasa.

Ia mengatakan kelima kapal patroli itu yakni KAL Tamposo, Patkamla Carita, Patkamla Merak, PRC Anyer, dan Sea Rider. Pengamanan patroli ini, kata dia, dilakukan petugas dengan menyisir Perairan Selat Sunda.

Sebab, kata dia, lintasan Perairan Selat Sunda padat dilintasi kapal-kapal, baik kapal penumpang maupun kargo.

Bahkan, petugas pengamanan juga dari KRI Koarmabar atau Komando Armada RI Kawasan Barat.

Operasi Koarmabar memiliki wilayah Perairan Cirebon hingga Pelabuhan Merak.

Selain itu, pihaknya menyiapkan satu pleton personel pengamanan darat untuk membantu kepolisian dalam upayan mengantisipasi antrean kendaraan di Pelabuhan Merak.

Menurut dia, Lanal Banten juga menambah satu tim SAR dengan 15 personel. Mereka ditempatkan di sejumlah objek wisata, di antaranya Pantai Anyer, Kelapa Tujuh, Carita, Suralaya dan Labuan.

"Tim SAR akan bergerak cepat untuk memberikan pertolongan jika terjadi kecelakaan laut," katanya.

Terpopuler