Waspada, Jalur Cikumarang Gelap Gulita dan Rawan Kejahatan

Rep: rusdy nurdiansyah/ Red: Heri Ruslan

Selasa 30 Jul 2013 13:57 WIB

Peta Mudik Lebaran 2012 Jabar Foto: karawanginfo.com Peta Mudik Lebaran 2012 Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Jelang lebaran Idul Fitri 1434 H, arus mudik diperkirakan akan mulai ramai pada Jumat, 2 Agustus mendatang.

Untuk memperlancar arus lalulitas saat musim mudik tiba sudah dipersiapkan dari mulai perbaikan jalan, baik pengaspalan maupun betonisasi di jalan-jalan utama seprti di jalur utama pantura, jalur selatan dan jalur tengah.

''Sebagian besar sudah diselesai diperbaiki dan siap untuk dilintasi dengan aman oleh pemudik,'' kata Kabag Ops Polres Subang, Kompol Hendro Wicaksono, kepada Republika, Selasa (30/7).

Namun, perbaikan jalan tidak diikuti dengan perbaikan dan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU). Pemantaun Republika, Senin (29/7). Tidak ada satupun lampu PJU di jalur artenatif Cikumarang-Subang, Jabar. Suasana sangat gelap gulita saat melintas di jalur perkebunan kayu jati ini.

Jalan disepanjang jalur alternatif ini cukup mulus. Hanya ada beberapa titik jalan yang sedang diperbaiki. ''Lampu PJU sudah lama kami usulkan ke pemerintahan daerah untuk dipasang. Tapi sampai saat ini belum juga dipasang,'' ujar Hendro.

Menurut Hendro dengan tidak adanya lampu PJU tentu kawasan jalur alternatif Cikumarang-Subang rawan kejahatan, khususnya dimalam hari. ''Tapi kami sudah siap melakukan pengamanan siang malam dan kami menempatkan cukup bayak personil di kawasan tersebut,'' tuturnya.

Untuk itu, lanjutnya, sebaiknya pemudik yang melintas di kawasan ini, khususnya malam hari untuk waspada akan kejahatan. ''Untuk pemudik motor hindari melintas di malam hari,'' tegas Hendro yang mengungkapkan kawasan pengamanan jalur mudik diwilayahnya sepanjang 45 km dengan jumlah pengamanan 1.578 personil gabungan Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub).

''Kami akan mendirikan 88 pos pengamanan, 84 pos mudik lebaran dan empat pos pelayanan,'' terang Hendro yang memprediksi arus mudik mulai akan tampak melintas diwilayahnya pada Sabtu, 3 Agustus mendatang. ''Saat ini arus lalu lintas masih lengang. Namun, setelah cuti bersama, antrean dari tol Sadang diprediksi mulai terjadi, kepadatan kendaraan akan meningkat tajam diseluruh jalur mudik,'' ungkapnya.

Adapun titik-titik kemacetan di jalur mudik Subang, ujar Hendro yakni jalur Sarengseang-Pabuaran- Cipendeuh, Sukamandi, Puradadi, dan Cipunugara. ''Kawasan-kawasan rawan macet akan menjadi titik pantau utama kami,'' pungkas Hendro.

Terpopuler