H-7, Lingkar Gentong Mulai Dibuka

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dewi Mardiani

Selasa 30 Jul 2013 13:21 WIB

Ribu kendaraan melintas di jalur mudik di daerah Tasikmalaya, Jawa Barat. (Adhi Wicaksono) Ribu kendaraan melintas di jalur mudik di daerah Tasikmalaya, Jawa Barat. (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jalur Lingkar Gentong di Tasikmalaya baru akan dibuka mulai H-7 Lebaran. Ini dilakukan, untuk menunjang kelancaran arus mudik dan balik.

"Lingkar Gentong memang harus dibuka. Sesuai rencana, akan kami buka H-7," ujar Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat, M Guntoro, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (30/7).

Menurut Guntoro, proyek pengerjaan Lingkar Gentong saat ini sudah hampir selesai. Sehingga, sudah layak digunakan saat arus mudik dan balik. "Masih ada penambahan-penambahan PJU dan penghalang," katanya.

Guntoro mengatakan, jumlah PJU di Lingkar Gentong sebelumnya ada delapan unit. Tapi saat ini sedang ditambah 20 unit. Pada prinsipnya, sebenarnya Lingkar Gentong sudah bisa dipakai. ''Tapi kami akan buka sesuai rencana," kata Guntoro.

Bina Marga juga, kata dia, sudah memasang beronjong di lokasi. Beronjong dipasang di tebing-tebing untuk mencegah longsor.

Sementara secara umum, proses pengerjaan sejumlah ruas jalan milik provinsi dihentikan mulai hari ini. "Tingkat kemantapannya hampir 100 persen," kata Guntoro.

Terpopuler