ASDP: Aktivitas Pelabuhan Merak Masih Normal

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani

Selasa 30 Jul 2013 12:33 WIB

 Pemudik kapal laut. Foto: Antara/Dhoni Setiawan Pemudik kapal laut.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Memasuki H-10 jelang Idul Fitri 1434 H, aktivitas di Pelabuhan Merak masih tergolong normal. Kepala Operasi ASDP, Nana Sutarna mengatakan, hingga saat ini belum ada lonjakan penumpang.

"Aktivitas masih normal, masih sangat rendah malah," jelas Nana, Selasa (30/7). Kendati demikian, pihaknya sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menyambut lonjakan pemudik yang diperkirakan akan datang pada Jumat (2/8) mendatang.

Saat ini, lahan kosong yang sebelumnya milik PT KAI telah mencapai finishing untuk dijadikan lahan parkir. Di area baru tersebut diperkirakan akan cukup menampung 400 kendaraan kecil dan sedang.

Demikian juga dengan penambahan gate di loket dan pembelian tiket. Sebelumnya, yang beroperasi hanya 6 gate, namun mulai hari ini sudah ada penambahan menjadi 11 gate.

Sementara penumpukan truk angkutan barang yang memenuhi pelabuhan, Nana mengatakan aktifitas tersebut masih tergolong biasa dan wajar. Karena memang di hari-hari biasa, Hari Selasa memang tergolong ramai dipadati truk angkutan barang. "Memang agak padat, tapi masih dalam normal. Karena dermaga 5 yang sedang diperbaiki, jadi ada 200 truk yang tertunda," jelasnya.

Terpopuler