Sambut Mudik, 25 Pelabuhan Pasang Kamera CCTV

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Senin 29 Jul 2013 19:37 WIB

  Salah satu armada penyeberangan Ferry bersandar di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (29/7).  (Republika/Wihdan Hidayat) Salah satu armada penyeberangan Ferry bersandar di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (29/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang arus mudik Lebaran 2013 Kementerian Perhubungan telah melakukan beragam persiapan. Mulai dari pemasangan kamera pengawas di pelabuhan hingga pemasangan sistem pelacak pada angkutan laut.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby Mamahit mengungkapkan, pihaknya sedang melakukan segala upaya agar mudik lancar. ''Segalanya sedang dipersiapkan,'' kata dia pada jumpa pers angkutan Lebaran, Senin (29/7) sore.

Hingga kini, kata Bobby, telah dipasang sebanyak 25 kamera CCTV di 25 lokasi pelabuhan yang dapat dipantau di Posko Pusat Ditjen Perhubungan Laut. Pemasangan dan integrasi CCTV di pelabuhan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Palembang, Samarinda, Pontianak, Nunukan, dan Bau-Bau. Integrasi CCTV di pelabuhan, semisal, Belawan, Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Priok, Tanjung Emas, dan lainnya.

Selain itu, imbuhnya, telah disiapkan perangkat sistem pelacak untuk memaksimalkan pelaksanaan pemantauan kegiatan angkutan Lebaran. Khususnya untuk angkutan laut PT Pelni, Pelayaran Perintis, dan beberapa perusahaan lainnya.

Upaya-upaya yang sedang dan akan dilakukan di antaranya, melakukan kegiatan survei pemantauan kualitas pelaksanaan angkutan laut Lebaran di 52 pelabuhan. Melakukan pengawasan dan peninjauan lapangan terhadap sarana dan prasarana pelabuhan ke beberapa pelabuhan yang dipantau.