Kepadatan Kendaraan Mudik Bakauheni-MerakTerjadi Malam Hari

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Fernan Rahadi

Senin 29 Jul 2013 17:03 WIB

Sejumlah kendaraan truk berjalan merayap di ruas Jalan Ir Soekarno Hatta Kota Bandarlampung, Selasa (9/07). Jalan lintas Sumatera itu menjadi salah satu titik rawan macet saat arus mudik karena pengerjaan pelebaran badan jalan yang belum rampung sejak bebe Foto: FOTO ANTARA/Kristian Ali Sejumlah kendaraan truk berjalan merayap di ruas Jalan Ir Soekarno Hatta Kota Bandarlampung, Selasa (9/07). Jalan lintas Sumatera itu menjadi salah satu titik rawan macet saat arus mudik karena pengerjaan pelebaran badan jalan yang belum rampung sejak bebe

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Menjelang arus mudik Lebaran, kepadatan kendaraan pemudik yang ingin menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung) ke Merak (Banten) dan sebaliknya, terjadi pada malam hari. Untuk mengantisipasi penumpukan dan kemacetan kendaraan, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP-IF) berharap pemudik menyeberang siang hari.

Dalam rapat dengan pihak Kementrian Perhubungan, PT ASDP-IF akan memberikan penghargaan kepada pemudik yang akan menyeberang pada siang hari. Bentuk penghargaan ini, berupa keringanan tarif tiket menyeberang pada siang hari dibandingkan dengan malam hari.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (dishub) Lampung, Albar Hasan Tanjung, mengatakan keringanan yang diberikan pihak PT ASDP-IF ini berupa keringanan tarif tiket menyeberang berlaku bagi kendaraan roda dua dan empat. “Penghargaan ini untuk mengurangi kepadatan kendaraan,” katanya.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni, menjelang mudik Lebaran menjadi langganan penumpukkan kendaraan roda empat. Bahkan, pada puncak mudik selalu terjadi antrean hingga ke luar kantong parkir pelabuhan. Albar menyatakan penumpukkan terjadi karena pemudik memilih menyeberang pada malam hari.

Untuk itu, salah satu solusi, terungkap dalam rapat koordinasi di Pelabuhan Merak pada Ahad lalu, ASDP-IF meminta pemudik motor dan mobil melintas di pelabuhan pada malam hari. Bagi yang menyeberang siang hari, mendapat diskon tiket menyeberang.

Terpopuler