'Jangan Gunakan Ponsel Saat Menyetir Mudik'

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Senin 29 Jul 2013 13:58 WIB

Menggunakan ponsel saat mengemudi sangat berbahaya Foto: WIKIMEDIA COMMONS IMAGE Menggunakan ponsel saat mengemudi sangat berbahaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Saat mengemudikan kendaraan dalam perjalanan mudik Lebaran, masyarakat diminta tidak menggunakan peralatan telekomunikasi.

"Karena berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas," kata Menkominfo Tifatul Sembiring di Jakarta, Senin (29/7). Menurut dia, imbauan tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa tingkat kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran masih relatif cukup tinggi.

Menteri menganggap kecelakaan, terutama akibat kelalaian pengemudi saat berkendari sangat memprihatinkan dan tidak seharusnya terjadi.

"Seharusnya orang mudik adalah untuk merayakan bersama suasana Idul Fitri, tetapi faktanya ada sebagian warga masyarakat yang terkena musibah kecelakaan lalu lintas," katanya.

Kemenkominfo memantau tingkat kecelakaan karena penggunaan alat komunikasi, sepert ponsel saat mengemudikan kendaraan menjadi satu faktor penyebab kecelakaan tertinggi sampai saat ini.

"Harus ditekankan bahwa menggunakan telepon saat mengemudikan kendaraan itu dilarang atas dasar UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU Nomor 22 Tahun 2009, red.) serta UU Telekomunikasi. Sosialisasi ini tidak hanya karena menjelang Lebaran ini saja, tetapi seterusnya pasca-Lebaran," kata Menkominfo Tifatul Sembiring.