Wah, Harga Sayur Ikut Naik, Berapa Sekarang?

Red: Endah Hapsari

Selasa 30 Jul 2013 02:08 WIB

Sayur mayur Foto: Republika/Wihdan Hidayat Sayur mayur

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR---Harga sayur-mayur di sejumlah pasar tradisional Kota Makassar, mulai bergerak naik khususnya kentang dan wortel. "Kalau biasanya harga kentang dijual Rp 8 ribu per kilogram, kini sudah Rp 10 ribu per kg, begitu pula wortel yang hanya Rp 6 ribu per kg kini sudah menembus Rp8 ribu per kg," kata salah seorang pedagang Mutmainnah di Pasar Terong, Makassar.

Dia mengatakan, kenaikan harga kedua jenis sayur yang permintaannya cukup meningkat pada bulan suci Ramadhan, dipicu karena persediaan terbatas dan produsen belum memasuki masa panen.

Dengan demikian, distributor hanya membawa barang persediaan milik petani yang harganya sudah naik dibanding pada masa panen. "Selain harga sayur kentang dan wortel mengalami kenaikan, harga cabai besar juga naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu per kg, sedangkan harga cabai kecil masih cukup stabil Rp 20 ribu per kg," katanya.

Hal senada dikemukakan pedagang di Pasar Pannampu, Makassar Hj Nursiah. Dia mengatakan, kenaikan harga eceran sayur-mayur tersebut, karena pihak distributor juga menaikkan harga dengan alasan persediaan kurang dan biaya transportasi naik akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu.