Pemudik Diimbau Hati-Hati di Pelabuhan Merak

Rep: Hannan Putra/ Red: Djibril Muhammad

Senin 29 Jul 2013 07:03 WIB

 Para pemudik yang menggunakan kapal roro tiba di dermaga pelabuhan Merak, Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8).(Agung Supriyanto/Republika) Para pemudik yang menggunakan kapal roro tiba di dermaga pelabuhan Merak, Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8).(Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK-- Tindak kriminal seperti copet, gundam, hipnotis, penipuan, dan berbagai motif lainnya dari tahun ke tahun selalu saja ditemui.

Petugas Kepolisian pun sudah banyak diturunkan untuk menjaga keamanan Pelabuhan Merak, terutama saat aktivitas mudik berlangsung. Namun tetap saja, kehati-hatian penumpang perlu selalu ada.

Kapolsek Pelabuhan Merak, AKP Kamarul Wahyudi mengatakan, ada beberapa titik yang harus diwaspadai penumpang karena rawan tindak kejahatan. Tempat-tempat yang menjadi area berkumpul para penumpang biasanya dimanfaatkan pelaku kriminal untuk menjalankan aksinya.

Kamarul menyebutkan, seperti tempat pembelian tiket, gateway, ruang tunggu, tempat makan, dan di Dermaga perlu diwaspadai para penumpang.

"Kita harapkan para penumpang lebih hati-hati menyimpan barang bawaannya. Tidak menerima makanan dari orang yang tidak dikenal, dan tak lupa juga untuk banyak berdoa," papar Kamarul kepada Republika, Ahad (28/7).

Sementara untuk titik rawan kecelakaan di Pelabuhan Merak memang tidak ada. Namun untuk titik rawan kriminalitas sangat banyak terjadi.

Umumnya, kriminal yang terjadi masih sebatas copet atau penipuan. tindak kriminal langsung seperti penodongan, Kamarul mengatakan tidak ada. "Petugas kita cukup banyak, jadi tidak berani mereka," katanya menjelaskan.

Terpopuler