Bandara Sepinggan Masih Sepi Penumpang

Rep: Gita Amanda/ Red: M Irwan Ariefyanto

Senin 29 Jul 2013 04:32 WIB

Bandara Sepinggan Foto: blogspot Bandara Sepinggan

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN-- Umumnya bandar udara mengalami peningkatan jumlah calon penumpang mendekati Lebaran. Berbeda dari Bandara Sepinggan Balikpapan, yang justru mengalami penurunan penumpang mendekati Hari Raya.

Station & Service Manager Garuda Indonesia B.O Balikpapan M. Oemar Rhyana mengatakan, para calon pemudik umumnya terbang sepekan bahkan sebulan sebelum puasa. Sementara semakin mendekati lebaran biasanya Bandara Sepinggan mengalami penurunan jumlah calon penumpang.  "Lima hari menjelang lebaran justru bandara kosong, kecuali untuk penerbangan ke Surabaya dan Yogya masih banyak," kata dia pada wartawan di Bandara Sepinggan, Ahad (28/7).

Oemar mengatakan, hal serupan juga terjadi setelah hari Lebaran. Sedikitnya sepekan setelah Lebaran, Bandara baru mulai mengalami lonjakan penumpang.  Ia menambahkan, Garuda menyiapkan sembilan penerbangan dengan tiga armada pesawat di Bandara Sepinggan Balikpapan. Tiga pesawat tersebut terdiri dari dua pesawat jenis Bombardir CRJ 1000 dan satu Boeing 737-800 NG.

Pesawat tersebut kata Oemar, mengantarkan penumpang dari dan menuju Balikpapan. Sementara calon penumpang terbanyak berasal dari Jakarta dan Surabaya.

Terpopuler