Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak Ahad Malam

Red: Yudha Manggala P Putra

Ahad 28 Jul 2013 23:58 WIB

 Para pemudik yang menggunakan kapal roro tiba di dermaga pelabuhan Merak, Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8).(Agung Supriyanto/Republika) Para pemudik yang menggunakan kapal roro tiba di dermaga pelabuhan Merak, Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8).(Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Pemudik yang akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung, mulai memadati Pelabuhan Merak, Ahad (28/7) malam.

"Para pemudik tiba di Pelabuhan Merak secara bersamaan sekitar pukul 20.00 WIB," kata Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo.

Menurut dia, meskipun terjadi kepadatan penumpang maupun kendaraan di Pelabuhan Merak, tetapi perjalanan lancar dan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni.

Petugas di Pelabuhan Merak bekerja keras mengatur lalu lintas di sekitar dermaga satu sampai empat. Saat ini, kata dia, dermaga Pelabuhan Merak yang difungsikan hanya empat menyusul jembatan dermaga lima roboh.

"Dengan empat dermaga itu arus kendaraan yang hendak naik ke atas kapal lancar, meskipun sempar tersendat," katanya. Ia mengatakan, diperkirakan jumlah kendaraan di atas 6.000 unit terdiri atas sepeda motor, mobil pribadi dan truk.

Saat ini, ujar dia, kondisi Pelabuhan Merak ramai baik penumpang yang berangkat secara estafet maupun yang menggunakan bus langsung menuju kota-kota di Sumatera.

PT ASDP Merak mengoperasikan sebanyak 28 kapal "roro". Pengoperasian 28 kapal tersebut bisa melakukan pelayaran Merak-Bakauheni sekitar 90 trip.

Ia mengatakan, bahkan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Merak antara 30 sampai 40 menit kemudian bisa diberangkatkan. "Kami akan menambah kapal lagi jika terjadi peningkatan penumpang dan kendaraan," katanya.