Mudik ke Kampung Buah Mekarsari

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: A.Syalaby Ichsan

Ahad 28 Jul 2013 14:43 WIB

Rambutan di Mekarsari Foto: ROL/Agung Sasongko Rambutan di Mekarsari

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Liburan lebaran sudah ditunggu-tunggu. Selain untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1343 H, masyarakat juga lebih bergairah karena akan bersilaturahim dengan sanak saudara. Apalagi jika berencana untuk berpiknik bersama.

Namun, tidak semua masyarakat bisa merasakan mudik. Entah karena semua keluarga berada di ibu kota atau juga karena tidak memiliki waktu mudik yang cukup.

Untuk itu, sebagai salah satu referensi mengisi libur lebaran, masyarakat dapat berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari yang kali menyiapkan tema liburan yang unik dengan mengedepankan suasana lebaran. Wisata ini bertajuk "Mudik Ke Kampung Buah". Program ini dimulai tanggal 8 hingga 18 Agustus 2013.

Setiap pengunjung akan merasakan suasana seperti berada di kampung halamannya, menikmati berbagai sajian khas lebaran. Ditambah dengan suguhan buah-buahan lokal daerah yang bisa membawa pengunjung bernostalgia.

Public Relations Manager Mekarsari, Putri Ayu Pratami mengatakan hari raya Idul Fitri merupakan momen besar umat muslim untuk saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi. Selain itu sebagai moment berkumpul dan bercengkrama bersama  keluarga tercinta.

''Mudik merupakan tradisi masyarakat saat lebaran tiba, namun tidak semua keluarga berkesempatan melaksanakannya, melalui program "Mudik Ke Kampung Buah" kami berharap masyarakat bisa menikmati perayaan-perayaan di hari lebaran serasa di kampung halamannya,'' ucap Putri.

Berbagai agenda kegiatan mengangkat kekhasan tradisi perayaan hari lebaran di berbagai daerah di Indonesia. Ini terangkum dalam acara-acara seperti Operet, Spot Musik Nusantara, Surprise-Surprise, Kuliner Lebaran, Bazaar Buah Nusantara, dan Kampung Lebaran.

Pertunjukan operet, pertunjukan musik nusantara, dan surprise-surpise bisa dinikmati pengunjung secara gratis. Operet akan terdiri dari dua pertunjukan diantaranya Dolanan Bersama Garcy yang digelar di Festival Point.

Operet ini menceritakan perjalanan kehidupan Garcy (Maskot Buah Manggis) yang di tanam oleh petani, sampai berbuah dan mengajak adik- adik untuk merayakan kebahagiaan dengan membagikan Buah Hari Raya (BHR), sekaligus ikut serta dalam keseruan permainan tradisional.

 

Terpopuler