Empat Titik Rawan Macet Dipantau Lewat CCTV

Rep: Lilis Handayani/ Red: A.Syalaby Ichsan

Ahad 28 Jul 2013 13:18 WIB

Kepadatan arus lalu lintas di Pantura/ilustrasi Foto: Antara Kepadatan arus lalu lintas di Pantura/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Polres Cirebon Kota memetakan ada empat titik rawan macet saat arus mudik mendatang. Untuk memantau kondisi itu, sejumlah closed circuit television (CCTV) pun dipasang di titik-titik tersebut.

Adapun empat titik rawan macet tersebut adalah pertigaan Kedawung, perenpatan Jalan Kanggraksan, sekitar terminal Harjamukti dan pertigaan Kalijaga. 

"Kami akan terus memantau kondisi arus kendaraan di titik-titik tersebut saat arus mudik mendatang,’’ ujar Kapolres Cirebon Kota, AKBP Dani Kustoni, akhir pekan kemarin.

Dani menjelaskan, pertigaan Kedawung merupakan titik pertemuan pemudik dari arah pantura yang masuk Kota Cirebon melalui Jalan Tuiparev, dengan pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Sedangkan Pertigaan Kranggaksan, menjadi titik arus lalu lintas dari Kota Cirebon menuju ke pantura dan ke arah Kuningan.

Menurut Dani, pemasangan CCTV di lokasi rawan macet akan memudahkannya melakukan tindakan cepat jika kemacetan memang benar-benar terjadi. Dengan demikian, diharapkan arus mudik dapat tetap lancar.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Transportasi Darat, Dinas Perhubungan Provinsi Jabar, Andreas Wijanto, menyatakan, tahun ini pihaknya memasang 15 CCTV di sepanjang jalan di seluruh Jabar.

 Khusus di pantura, lanjut Andreas, pihaknya memasang dua unit CCTV, yakni di Losarang, Indramayu, dan Losari, Kabupaten Cirebon. Kedua daerah tersebut dinilai rawan karena merupakan jalur pertemuan arus kendaraan. 

 

Terpopuler