Lazismu dan SJI, Berzakat Sambil Bertualang

Rep: Mg15/ Red: A.Syalaby Ichsan

Ahad 28 Jul 2013 11:08 WIB

Kegiatan Lazismu dan SJI di Desa Nyalindung, Bogor Foto: Republika/Mg15 Kegiatan Lazismu dan SJI di Desa Nyalindung, Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Lembaga Zakat Nasional Muhammadiyah (LAZISMU) dan Suzuki Jip Indonesia (SJI)  menggelar kegiatan bakti sosial di daerah terpencil dengan tema Advanture for Humanity.

Kegiatan bakti sosial ini diadakan di Desa Nyalindung kecamatan Sukamakmur, Bogor. Bantuan yang diberikan kepada warga Desa Nyalindung adalah paket pendidikan dengan memberikan beberapa buku dan tas kepada anak-anak.

Bantuan pendidikan menjadi pilihan utama LAZISMU untuk menambah wawasan dan semangat belajar anak-anak yang tinggal di daerah terpencil.

"Paket pendidikan ini kita berikan kepada anak-anak yang juga menjadi tujuan utama dari LAZISMU itu sendiri", ujar Hari Eko Purwanto, selaku Direktur Program LAZISMU saat ditemui RoL, Bogor (27/7)

Ada juga paket kesehatan yang merupakan layanan kesehatan gratis yang didatangkan dari Rumah Sakit Muhammadiyah Pondok Kopi. Paket ini memberikan layanan pemeriksaan, konsultasi hingga pemberian obat secara gratis.

Selain itu, paket subsidi sembako dan nutrisi untuk anak juga tidak ketinggalan untuk dibagikan kepada warga Desa Nyalindung. Bantuan subsidi sembako berupa beras, gula, dan minyak. Sedangkan bantuan nutrisi untuk anak berupa susu dan tambahan sirup serta biskuit karena bertepatan di bulan Ramadhan. 

Dana untuk menyalurkan zakat kali ini didapat dari himpunan LAZISMU sendiri. Ada juga donatur-donatur yang tertarik untuk menyalurkan zakatnya kepada LAZISMU serta donatur yang berasal dari komunitas SJI. 

Aksi sosial ini merupakan wujud nyata bagaimana LAZISMU menyalurkan zakat ke daerah-daerah yang sulit dijangkau bagi sebagian besar masyarakat. Sudah 3 tahun kegiatan bakti sosial ini rutin dilakukan pada saat bulan Ramadhan.

Menariknya, SJI sebagai komunitas off road ikut terjun langsung memberikan bantuan kepada warga. Tujuan dari LAZISMU juga untuk merangkul komunitas-komunitas off road dan touring yang suka berjelajah sekaligus berpetualang.

Terpopuler