Pemudik Bermotor Diminta Waspada Penyebaran ISPA

Red: Hazliansyah

Ahad 28 Jul 2013 00:18 WIB

 Sejumlah pemudik bermotor mulai berdatangan di jalan raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (26/8). (Adhi Wicaksono) Sejumlah pemudik bermotor mulai berdatangan di jalan raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Ahad (26/8). (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Pemudik Lebaran pengguna sepeda motor diminta mewaspadai penyakit infeksi saluran pernafasan akut.

"Kami minta pengemudi sepeda motor menjaga kesehatan sebelum melakukan perjalanan," kata kata Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Pengendalian Lingkungan Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama saat meninjau Posko Kesehatan di Pelabuhan Merak, Sabtu.

Menurut dia, selama ini cuaca kurang bersahabat dan kerapkali debu bertebaran di sepanjang jalan sehingga berpotensi terhadap penyakit infeski saluran pernapasan akut (ISPA). Karena itu, pengemudi sepeda motor diminta menggunakan masker penutup mulut untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Selain itu juga jika kelelahan, sebaiknya beristirahat dahulu untuk menghindari kecelakaan. "Kami berharap pengemudi sepeda motor dalam kondisi sehat, sehingga tidak terserang penyakit ISPA," katanya.

Ia menjelaskan, apabila pemudik terkena ISPA maka disarankan mendatangi posko kesehatan yang ada di Pelabuhan Merak. Pengobatan penyakit ISPA bisa ditangani oleh petugas medis di posko kesehatan itu.

"Kami minta para pemudik Lebaran bisa memanfaatkan posko kesehatan untuk mencegah penyakit ISPA," katanya.

Manajer Usaha Pelabuhan PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Nana Sutisna mengatakan untuk kelancaran penyeberangan Merak-Bakauheni telah disiapkan sebanyak 42 kapal "roll on roll of" atau roro. Kapal-kapal itu nantinya bersandar di lima dermaga untuk melayani penyeberangan Merak-Bakauheni.

"Kami terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan," katanya.

Terpopuler