Baru Diperbaiki, Jalur Mudik di Pamekasan Kembali Rusak

Red: Hazliansyah

Jumat 26 Jul 2013 22:33 WIB

Persiapan jalur mudik/ilustrasi Foto: Antara Persiapan jalur mudik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Jalur mudik yang baru seminggu selesai diperbaiki di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, kini kembali rusak. Kerusakan diperkirakan akibat kualitas proyek yang jelek.

Jalur mudik yang rusak itu di Jalan Raya Sumedangan, Kecamatan Pademawu, sekitar 5 kilometer dari Terminal Bus Ceguk, Pamekasan dan merupakan jalur bus. 

"Baru seminggu jalan ini diperbaiki. Tapi kini jalannya kembali rusak, bahkan tadi seorang pengenda sepeda motor jalur karena terperosok jalan yang berlubang ini," kata warga setempat, Ahmadi, Jumat malam.

Ia mengatakan, jalan raya di depan rumahnya itu sudah diperbaiki selama dua kali. Pertama perbaikan digelar pada akhir Mei 2013, dan Juni 2013 rusak lagi akibat banjir yang melanda wilayah itu, sehingga sekitar 200 meter jalan yang diperbaiki itu rusak lagi.

"Kedua pada bulan puasa ini. Tapi, anda bisa lihat sendiri, kondisinya sudah seperti ini. Ini gara-gara kualitas pengerjaan proyeknya kurang bagus. Makanya meski tidak banjir rusak lagi," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pamekasan Totok Suhartono, mengatakan jalur mudik di Pamekasan yang baru dikerjakan dan kini rusak lagi merupakan jalur provinsi.

Ia menjelaskan, pengerjaan perbaikan jalur lalu lintas merupakan tanggung jawab Dinas PU Provinsi Jawa Timur.

"Kalau Dinas PU Pamekasan hanya memperbaikan jalan-jalan rusak kabupaten. Kalau sepanjang jalur bus itu, merupakan jalan provinsi dan yang mengerjakan Dinas PU Provinsi," katanya.

Meski demikian, kata Totok, pihaknya akan berupaya mengkomunikasikan dengan Dinas PU Provinsi Jatim terkait jalan yang rusak itu, karena menyangkut keselamatan pemudik Lebaran.

Terpopuler