Pemudik Diminta Jauhi Mudik dengan Sepeda Motor

Rep: Irfan Abdurrahmat/ Red: Djibril Muhammad

Jumat 26 Jul 2013 21:00 WIB

Pemudik motor Foto: Antara Pemudik motor

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat (Jabar), mengimbau pemudik untuk menghindari penggunaan sepeda motor demi kemanan dan kelancaran berkendara. "Sepeda motor tidak didesain untuk berpergian jarak jauh," kata Kasat Lantas Polresta Bekasi Kota, Kompol M Arsal Sahban, kepada Republika, Jumat (26/7).

Menurut dia, penggunaan kendaraan roda dua tersebut hanya diajurkan bila situasi dalam keadaan mendesak. Sebaiknya masyarakat menghindari roda dua. Kalau pun terpaksa, silakan dicek kesiapan kendaraannya agar aman.

Selain faktor kendaraan, kata dia, juga dianjurkan agar pengendara menggunakan perlengkapan helm, sepatu, jaket, dan lainnya yang menunjang keselamatan berkendara.

Dia juga menyarankan, agar tidak membawa penumpang lebih dari dua orang dengan sepeda motor. Jika lebih, sebaiknya menggunakan kendaraan roda empat atau lebih.

Menurutnya, hampir setiap tahun insiden kecelakaan saat mudik Lebaran selalu didominasi oleh kendaraan roda dua. "Tidak jarang penumpangnya tewas akibat tidak memperhatikan kelayakan kendaraan dan melanggar lalu lintas," katanya.

Dikatakan Arsal, akan berupaya sekuat tenaga agar kecelakaan berkendara dapat ditekan seminimal mungkin.

Terpopuler