Sambut Lebaran, Telkomsel Tambah 70 BTS Baru di Bali Nusra

Rep: Ahmad Baaras/ Red: Djibril Muhammad

Kamis 25 Jul 2013 23:44 WIB

 Seorang petugas melakukan pengecekan rutin perangkat menara BTS Telkomsel (ilustrasi). Foto: Antara/Prasetyo Utomo Seorang petugas melakukan pengecekan rutin perangkat menara BTS Telkomsel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR – Untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi pada musim mudik lebaran di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Telkomsel telah meningkatkan kemampuan jaringan, khususnya di pusat-pusat keramaian.

Salah satu langkahnya kata Executive VP Telkomsel Area Jawa Bali, Yetty Kusumawati, yakni dengan melakukan penambahan 70 base transceiver station (BTS) baru.

"Ketujuh puluh BTS baru tersebut kami sebar masing-masing  25 BTS di Bali, 10 di NTB, dan 35 di NTT, di mana lebih dari 50 persennya merupakan BTS 3G atau Node B," kata Yetty.

Kepada wartawan di Denpasar, Bali, menjelang kegiatan buka puasa bersama, Kamis (25/7), Yetty mengatakan, penggelaran 70 BTS baru itu merupakan salah satu upaya penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan untuk memberikan layanan terbaik.

Sebab pada hari H lebaran, di titik-titik keramaian di Bali, NTB, dan NTT, diperkirakan terjadi peningkatan trafik berkisar antara 30 hingga 50 persen.

Dikatakan Yetty, penambahan kapasitas jaringan, akan difokuskan di pelabuhan, bandara dan lokasi wisata. Di Bali sebutnya, konsentrasi penambahan kapasitas jaringan dilakukan di Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padang Bai, serta di Bandara Ngurah Rai. Untuk wilayah NTB, dipusatkan di Pelabuhan Lembar dan Bandara Internasional Lombok, sementara di

NTT di Pelabuhan Tenau dan Pelabuhan Labuan Bajo, serta Bandara El Tari. Kini Telkomsel telah menggelar 3.400 BTS di Bali Nusra, termasuk 1.000 Node B.

Yetty menjelaskan, karakteristik pengguna Telkomsel di Bali sangat berbeda dengan di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dipadati pemudik.

Sedangkan di Bali pengguna Telkomsel selama lebaran adalah para wisatawan lokal yang memanfaatkan waktu liburan panjang saat lebaran. "Keadaan tersebut juga menjadi perhatian kami. Jadi semua pengguna Telkomsel harus nyaman ketika berkomunikasi," katanya.

Selain penambahan kapasitas jaringan, Telkomsel juga menyiapkan kapasitas SMS sebesar 10.000 SMS perdetik. Selain itu, kapasitas Visitor Location Register (VLR) untuk melayani hingga lebih dari 10 juta pelanggan, dan kapasitas bandwidth untuk layanan broadband sebesar 10 Gbps.

"kami sediakan di 28 Posko Siaga dan sekitar 800 Outlet Siaga yang digelar mulai H-7 hingga H+7 di bandara, pelabuhan, terminal, dan pusat keramaian se-Bali Nusra," kata Yetty menambahkan.

Dari sisi produk dan layanan, Telkomsel menggelar promo Paket Terus Hepi saat Ramadhan (THR), Kartu As Ramadhan yang memungkinkan pelanggan puas internetan seharian hanya dengan harga Rp 1.000.

Paket THR Kartu As juga dilengkapi Paket Sahur mulai pukul 00.00 hingga pukul 05.59 WIB dan Paket Ngabuburit mulai pukul 15.00 hingga pukul 19.59 WIB untuk telepon, SMS, dan internetan di bulan Ramadhan. Untuk aktivasi paket-paket tersebut, dapat dilakukan dengan menghubungi *100#.

Terpopuler