Putaran Jalan Utama Karawang Ditutup Saat Mudik

Red: Yudha Manggala P Putra

Kamis 25 Jul 2013 20:28 WIB

Ilustrasi pemudik. Ilustrasi pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Kepolisian Resor (Polres) Karawang, Jawa Barat, akan menutup sejumlah putaran di sepanjang jalan utama daerah itu selama musim mudik Lebaran 2013.

"Selama musim mudik Lebaran, kami akan membatasi U-turn atau putaran di sepanjang jalan utama dan kebanyakan akan kami tutup," kata Kapolres Karawangg AKBP Tubagus Ade Hidayat di Karawang, Kamis (25/7).

Ia mengatakan kebijakan menutup putaran di jalan utama wilayah Karawang itu dilakukan untuk mencegah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Menurut dia, jalur mudik wilayah Karawang sejak dari Tanjungpura (perbatasan Karawang-Bekasi) hingga ke Gamon (perbatasan Karawang-Subang) cukup banyak putarannya.

"Jika keberadaan putaran arah itu dibiarkan berfungsi atau tidak ditutup dikhawatirkan akan memicu kecelakaan dan kemacetan arus lalu lintas," katanya.

Penutupan sejumlah putaran di sepanjang jalan utama wilayah Karawang akan dilakukan mulai H-7 Lebaran atau sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sesuai dengan pengalaman musim mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya, beberapa titik wilayah Karawang masuk daerah rawan macet, seperti di Simpang Jomin, Pertigaan Mutiara, jembatan layang Cikampek, Pasar Cikampek dan Cikalongsari.

Terpopuler