Remaja Masjid Mulai Siapkan Perlengkapan Pawai Takbiran

Red: Didi Purwadi

Kamis 25 Jul 2013 18:01 WIB

Salah satu pawai takbiran untuk merayakan malam Idul Fitri (ilustrasi). Foto: Antara/Budi Afandi Salah satu pawai takbiran untuk merayakan malam Idul Fitri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Remaja masjid di Kota Mataram mulai sibuk mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk mengikuti pawai malam takbiran dalam rangkaian menyambut Idul Fitri 1434 Hijriyah.

Remaja Masjid Riyadus Solihin di Lingkungan Perigi, Kelurahan Dasan Agung, Kecamatan Selaparang, Mataram menyiapkan berbagai peralatan yang disiapkan untuk pawai takbiran. Beberapa diantaranya pembuatan miniatur masjid, lampion, dan berbagai ornamen kaligrafi.

Berbagai kelengkapan untuk memeriahkan pawai takbiran itu dikerjakan secara swadaya bersama anggota remaja masjid. Begitu juga dengan anggaran pembuatan perlengkapan dikumpulkan dari urunan anggota.

"Selain dari kas remaja masjid, kami juga menghimpun dana dari para dermawan di lingkungan masing-masing," kata Ketua Remaja Masjid Riyadus Solihin, Maksud, seperti dikutip Antara.

Proses pengerjakan miniatur masjid tergantung dari tingkat kesulitan. Demikian juga dengan lampoin dan ornamen kaligrafi.

Miniatur masjid biasanya rampung dalam waktu dua hingga tiga pekan. Sementara, lampion dalam sehari bisa jadi dua sampai tiga buah. Itu berbeda dengan ornamen kaligrafi dengan ukuran besar membuthkan waktu hingga satu pekan.

"Biaya yang dikeluarkan untuk membuat berbagai perlengkapan pawai malam takbiran itu minimal Rp 2,5 juta," katanya.

Terpopuler