Kapal Mudik Gratis Berangkat 2 Agustus

Red: Didi Purwadi

Kamis 25 Jul 2013 17:37 WIB

 Arus mudik kapal laut. (ilustrasi) Foto: Antara/Untung Setiawan Arus mudik kapal laut. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Program mudik kapal gratis yang diterapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan diberangkatkan mulai 2 Agustus 2013 dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Secara simbolis akan serentak diberangkatkan mulai 2 Agustus. Semua persiapan sudah siap dan tinggal menunggu hari pelaksanaan," kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur, Bambang Jatmiko, Kamis.

Pemprov Jatim menyiapkan tiga unit kapal untuk diberangkatkan ke sejumlah daerah, khususnya kepulauan. Yakni, jurusan Surabaya ke Masalembu, Surabaya ke Bawean, Kalianget ke Kangean, dan Tanjung Wangi ke Sapeken.

"Jadwalnya, 2 Agustus pemberangkatan dari Surabaya ke Masalembu, kemudian 3 Agustus dari Kalianget ke Kangean serta Tanjung Wangi ke Sapeken. Besoknya, kapal yang dari Masalembu akan mengangkut penumpang dari Surabaya ke Bawean," paparnya.

Sedangkan untuk jenis kapal, Bambang mengaku sudah disiapkan lebih besar dari tahun lalu, meski jenisnya tetap kapal barang. Hanya saja, otomatis jumlah penumpang bertambah dan sekarang bisa menampung 200 penumpang.

Tentang pendaftaran calon pemudik, Bambang mengaku sudah nyaris terpenuhi semua. Masyarakat kepulauan yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya sudah banyak mendaftar dan kuota hampir terpenuhi.

"Kami sengaja tidak melebihi kuota penumpang dengan alasan keselamatan. Pemprov juga memperhatikan sisi kemanusiaan, sehingga tidak boleh ada berdesak-desakan di atas kapal," ucap Bambang.

Terpopuler