Polisi '200 Meter' Disiapkan di Jalur Mudik Pantura

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Didi Purwadi

Kamis 25 Jul 2013 15:22 WIB

Jalur mudik (ilustrasi) Foto: Republika/Wihdan Hidayat Jalur mudik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebaran yang tinggal menghitung hari membuat pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya berbenah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kejahatan dan kemacetan. Fokusnya satu, pengamanan jalur pantura.

Ini selaras dengan yang dikatakan Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Sudjarno, pemokusan berada di sepanjang jalur pantura selama masa arus mudik berlangsung.

''Nanti, setiap 200 meter ada enam personel polisi yang jaga,'' katanya, Kamis (25/7).

Penjagaan tersebut untuk mengantisipasi kemacetan akibat mudik atau tindak kejahatan. Selain itu, Sujdarno menjelaskan sebanyak 250 anggota Polda Metro Jaya akan diperbantukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan arus mudik 2013.

Sebanyak 250 personel yang diperbantukan ke jalur Pantura ini merupakan satuan bermotor pihak kepolisian. ''Kalau untuk mengurai tingkat kemacetan, itu lebih efektif menggunakan motor,'' Katanya.

Polda Metro Jaya akan menurunkan 8.645 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Jaya 2013 untuk menjaga keamanan kamtimnas selama Lebaran. Operasi ini akan berlangsung selama dua pekan yakni mulai 2 Agustus hingga 15 Agustus 2013.

Terpopuler