Jelang Arus Mudik, 600 Lampu Penerang Jalan Rusak

Rep: Irfan Abdurrahmat/ Red: Djibril Muhammad

Rabu 24 Jul 2013 20:55 WIB

Lampu penerang jalan Foto: blogspot.com Lampu penerang jalan

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sedikitnya 600 lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalur mudik Kota Bekasi dalam keadaan padam. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menargetkan perbaikan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) diprediksikan akan selesai pada H-7 sebelum lebaran Idul Fitri mendatang.

Kepala Dinas Pertamanan, Pemakaman, dan PJU (DPPJU) Kota Bekasi Makbullah mengatakan pada Republika, Rabu (24/7), jumlah kerusakan PJU tercatat terhitung ada 600 PJU rusak.

Sebanyak 600 lampu PJU yang rusak itu tersebar di beberapa ruas jalan milik Kota Bekasi. Di antaranya, di Jalan KH Noer Ali Kalimalang, Jalan Sultan Agung Pondok Ungu, Jalan Siliwangi Naragong, Jalan Sersan Aswan, Jalan Mayor Hasibuan, dan Jalan Trans Yogi Cibubur.

Makbullah memastikan, perbaikan itu akan rampung sebelum H-7 lebaran nanti dengan anggaran perbaikan sekitar Rp 1,6 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2013 untuk masa perbaikan dan pemeliharaan selama tahun 2013.

"Kerusakan lampu PJU juga ditemukan di Jalan Cut Mutia, Jalan Jaya Martono, Jalan Juanda dan Jalan Ahmad Yani, namun kerusakan lampu PJU tersebut tidak terlalu parah daripada penerangan di jalur yang menjadi lintasan mudik," ungkapnya.

DPPJU mencatat jumlah PJU di Kota Bekasi terhitung sebanyak 22700 ribu PJU yang ada di 12 Kecamatan dan 56 Kelurahan se-Kota Bekasi. Namun, dari jumlah tersebut, lampu PJU yang rusak sekitar 25 persen dengan kerusakan yang variatif.

Kerusakan ini seperti terkena petir, kabel PJU dicuri, jaringan rusak, atau lampu PJU yang sudah dimakan usia sehingga tidak bisa menyala. Berkenaan proses perbaikan, Makbullah menerangkan, baru akan terealisasi saat proses lelang perbaikan ini selesai.

Terpopuler