Ratusan Satgas Gabungan Disiagakan di Tanjung Perak

Red: Didi Purwadi

Rabu 24 Jul 2013 10:53 WIB

 Arus mudik kapal laut. (ilustrasi) Foto: Antara/Untung Setiawan Arus mudik kapal laut. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 160 personel satuan tugas gabungan disiagakan untuk menghadapi musim arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2013 khusus Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Seperti setiap tahunnya, ratusan satgas kami siagakan untuk membantu para penumpang yang akan bepergian maupun datang melalui pelabuhan," kata Kepala Syahbandar Kelas Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Chris P. Wanda, usai memimpin Apel Siaga Angkutan Laut Lebaran 1434 Hijriah di Dermaga Penumpang Tanjung Perak, Rabu.

Petugas gabungan yang disiapkan antara lain dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Syahbandar Kelas Utama, 'Port Security' atau Keamanan Pelabuhan, Petugas Keamanan Pelindo, dan lainnya.

Mereka akan mulai bersiaga sejak hari ini atau "H-14" menjelang Lebaran hingga sepuluh hari usai Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah atau "H+10".

Untuk membantu kelancaran dan kenyamanan penumpang, pihaknya telah menyiapkan posko angkutan laut Lebaran yang ditempatkan di dua titik, yakni di dalam maupun di luar dermaga penumpang.

"Intinya, satgas disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dalam rangka pelaksanaan pelayanan angkutan laut Lebaran yang diharapkan tertib dan nyaman. Meski dipastikan akan ada kepadatan, tapi ketertiban yang diutamakan," kata Chris.

Terpopuler