H-10 Jalur Mudik di Jabar Siap Digunakan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Djibril Muhammad

Selasa 23 Jul 2013 15:21 WIB

Peta Mudik Lebaran 2012 Jabar Foto: karawanginfo.com Peta Mudik Lebaran 2012 Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), saat ini terus melakukan perbaikan jalan untuk jalur mudik di wilayah Jabar. Targetnya, pada H-10 semua pekerjaan perbaikan jalan tersebut sudah selesai.

"Insya Allah pada H-10 Lebaran seluruh jalur baik itu jalur utama maupun alternatif sudah siap dilalui pemudik. Jadi, semua pekerjaan sudah selesai sebelum H-10," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar, Dedi Taufik, Selasa (23/7).

Menurut Dedi, selain pebaikkan jalur, untuk mengurai kemacetan saat mudik tahun ini, Dishub Jabar akan memasang 15 CCTV yang tersebar di wilayah Jabar. Di antaranya, dipasang di Ciawi, Cibadak, Losarang, Cibiru, Kadungora, Malangbong, Simpang Cikoneng, dan Banjar.

Pemasangan CCTV tersebut, kata dia, akan terintegrasi dengan satuan Lalu lintas Polda Jabar. Tujuan pemasangan CCTV ini, untuk mengurai kemacaetan. "Jadi, kita bisa melihat titik-titik kemacetan untuk kemudian diambil langkah atau pengalihan jalur dengan cepat," katanya.

Untuk mengatur arus mudik, kata dia, Dishub Jabar akan menurunkan personel sekitar 3 ribu. Anggota ini, akan disebar di wilayah Jabar. "Tentunya kami akan menyimpan petugas lebih di titik-titik kemacetan," kata Dedi.

Diberitakan sebelumnya Dishub Jabar sudah mengindentifikasi 56 titik kemacetan parah yang bisa menghambat jalur mudik Lebaran 2013 ini. Titik kemacetan di Jabar itu terbagi di lintasan Pantai Utara, Selatan dan Tengah.

Dedi menyebutkan, simpul rawan kemacetan yang terbagi menjadi 3 bagian. Di wilayah Utara, titik yang tergolong rawan adalah Cikopo, Simpang Jomin, Pasar Sukamandi, Pasar Patrol, Pasar Lohbener, Pasar Karang Ampel.

Sementara di wilayah Tengah adalah Simpang Taman Safari, Parungkuda, Cibadak Cisaat, Ciawi, Cipanas, Perempatan Selakopi, Pasar Cianjur, Ciranjang, Rajamandala, Padalarang, Tanjungsari, Cimalaka, Simpang Cijelag, Rajagaluh, Palimanan.

Kemudian, di wilayah Selatan adalah Simpang Parakanmuncang, Pasar/ Terminal Limbangan, Pasar Lewo, Pasar/ Terminal Malangbong, Simpang Pamoyanan, Pasar/lintas sebidang Kadungora, Pasar Leles, Pasar Singaparna.

Terpopuler