Mudik Gratis Kota Bekasi Sepi Peminat

Rep: Irfan Abdurrahmat/ Red: Djibril Muhammad

Senin 22 Jul 2013 20:31 WIB

Pemudik sepeda motor Foto: Antara Pemudik sepeda motor

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pelaksanaan mudik gratis bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih sepi peminat. Hingga 22 Juli 2013 tercatat baru 78 unit sepeda motor yang telah terdaftar mengikuti mudik gratis ini.

"Sejak pembukaan pendaftaran 17 Juli 2013 hingga hari ini tercatat 78 unit sepeda motor yang telah terdaftar. Dengan artian 78 unit ini berarti membawa sekira 234 warga," ujar Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Erwin kepada Republika, Senin (22/7).

Dia menjelaskan, setidaknya ada 12 tujuan dalam mudik gratis ini. Yakni: Lampung, Cirebon, Tasikmalaya, Cilacap, Tegal, Wonosobo, Magelang, Yogjakarta, Kebumen, Wonogiri, Solo dan Purwokerto. Adapun untuk tujuan mudik Semarang, akan diangkut menggunakan satu unit armada Kapal Ferry.

Dia memaparkan, nantinya motor pemudik akan diangkut menggunakan truk, sementara pemudik akan diangkut dengan bus. Erwin menjelaskan, sepinya peminat ini terkait minimnya informasi mengenai adanya mudik gratis ini.

Dia menambahkan, biasanya pada Jumat calon pemudik selalu mengunjungi Dishub Kota Bekasi guna mendaftarkan diri dalam program mudik gratis ini.

Untuk kapasitas maksimal mudik gratis ini yakni 36 unit sepeda motor. Dalam artian, 108 pemudik untuk satu kota tujuan. Erwin menjelaskan, pendaftaran kepesertaan mudik gratis ini akan dibuka hingga 30 Juli 2013 mendatang.

Terpopuler