Membuat Nasi Kebuli Sendiri, Ini Kiatnya

Red: Endah Hapsari

Senin 22 Jul 2013 05:11 WIB

Nasi Kebuli Pekojan Foto: Republika Nasi Kebuli Pekojan

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda penggemar berat nasi kebuli, Anda tak selamanya harus membeli di restoran khas Timur Tengah. Anda bisa juga mencoba mengolah sendiri di rumah. Badiah Thalib, pemilik rumah makan Ifna memberikan tips untuk Anda.

 

Menyiapkan bahan

* Gunakan beras bermutu bagus, misalnya Rojo Lele. 

* Daging kambing, pilih dari kambing yang masih muda. Untuk tiga liter beras, gunakan 1 kg daging untuk dibuat krengsengan (digoreng) dan 1 ons untuk kaldu.

* Santan kelapa, tiga gelas (untuk tiga liter beras).

 

Menyiapkan bumbu

* Siapkan merica, jinten, ketumbar, jahe kering, biji pala, biji kapulaga, dan kembang cengkeh. Masing-masing dihaluskan (diblender), kemudian ditempatkan dalam wadah terpisah. Ini yang disebut bumbu inti. Untuk ukuran tiga liter beras, bumbu inti terdiri dari: ketumbar (tiga sendok makan), jinten, lada dan jahe (masing-masing satu sendok teh), biji kapulaga dan biji pala secukupnya.

* Buah tomat dijus. Untuk tiga liter beras, memerlukan seperempat kilogram tomat.

* Bawang daun diiris-iris, bawang putih dimemarkan.

 

Memasak

* Beras direndam selama satu jam. 

* Bawang daun yang telah diiris-iris dan bawang putih yang telah dimemarkan ditumis, lalu dicampur dengan bumbu inti. 

* Daging kambing (1 ons) dipotong-potong, lalu direbus sampai empuk, dicampur dengan bumbu inti plus jus tomat dan santan. Perebusan ini dilakukan kira-kira 3/4 jam, sehingga diperoleh kaldu.

* Beras dibuat aron, airnya dicampur kaldu. Lalu diaduk pelan-pelan sampai airnya kering atau jadi nasi aron (kira-kira 25 menit). * Aron tadi lalu ditanak atau dikukus di dalam dandang atau langseng, selama kira-kira 3/4 jam.

* Nasi kebuli sudah siap dinikmati. Tapi biasanya, orang menggorengnya dulu sebelum dimakan, agar panas. Pakai mentega biar lebih wangi.

 

Penyajian

Nasi kebuli itu akan makin nikmat bila dilengkapi dengan: * Daging kambing goreng. Untuk membuatnya, potong-potong satu kilogram daging kambing menjadi 6-8 bagian. Rebus sampai lunak dengan sedikit garam, lalu goreng hingga matang. Untuk satu piring nasi kebuli bisa memakai dua atau tiga potong daging kambing goreng, tergantung selera.

* Sambal goreng daging kambing. Membuatnya, daging kambing direbus, kemudian digoreng dengan dicampur santan dan bumbu nasi goreng, sampai kental dan matang.

* acar (campuran dari mentimun, nanas, wortel, cabe rawit dan cuka).

* bawang goreng.

 

Bagaimana dengan nasi kebuli daging sapi atau ayam? Cara membuatnya sama saja. Untuk membuat kaldu ayam cukup menggunakan satu potong paha. Sedangkan untuk membuat kaldu sapi, gunakan satu ons daging sapi.

Terpopuler