Ramadhan Jazz Targetkan 4000 Lebih Buku Bekas

Rep: Gita Amanda/ Red: Yudha Manggala P Putra

Sabtu 20 Jul 2013 00:36 WIB

Ramadhan Jazz Festival Foto: rileks.com Ramadhan Jazz Festival

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suasana berbeda terlihat di pelataran Masjid Cut Meutia Jakarta, Jumat (20/7) malam. Ribuan orang dari berbagai usia dan jenis kelamin, tumpah ruah mengahadiri acara bertajuk Ramadhan Jazz Festival.

Berbeda dari festival jazz yang biasanya berbayar, Ramadhan Jazz memungut bayaran lain. Cukup dengan membawa buku bekas layak pakai, pengunjung sudah dapat menyaksikan puluhan musisi jazz kenamaan Tanah Air beraksi.

Serupa dengan dua gelaran sebelumnya, Ramadhan Jazz kali ini juga menyedot animo luar biasa. Hingga pukul 23.00 WIB ratusan buku telah terkumpul.

"Belum kami hitung lagi, tapi jumlahnya Insya Allah ratusan," ungkap Fira salah satu panitia yang berjaga di bagian ticketing Ramadhan Jazz Festival, Jumat (19/6).

Seperti juga tahun-tahun sebelumnya, Ramadhan Jazz memang memberlakukan tiket masuk unik ini. Dengan menukarkan buku bekas layak pakai, pengunjung membantu membangun taman bacaan di berbagai pelosok negeri.

Tahun ini, hasil buku Ramadhan Jazz rencananya akan disumbangkan untuk membangun taman bacaan di wilayah Wakotobi. Ditargetkan lebih dari 4000 buku dapat terkumpul tahun ini.

"Tahun lalu dari 2500 pengunjung kami mendapat 4500 buku, diharapkan tahun ini lebih banyak lagi," ujar Artha M. Soeharto Sekertaris Jenderal RICMA.

Ramadhan Jazz ketiga kali ini diramaikan puluhan musisi. Antara lain, Shena X-Factor, Suave, Idang Rasjidi, di hari pertama Jumat 19 Juli. Sementara hari kedua akan diramaikan oleh musisi seperti, Tulus dan Shadu Rasjidi