Siang Ini Ramadhan on The Road di Kota Bandung

Rep: Rahmat Santosa Basarah/ Red: M Irwan Ariefyanto

Sabtu 20 Jul 2013 07:17 WIB

Ramadhan on The Road (ilustrasi). Foto: Antara/Zabur Karuru Ramadhan on The Road (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Hari ini, di kota Bandung akan digelar Republika Ramadan on the Road. Sejumlah pereli-pereli pemula dan pereli nasional akan tampil  berkeliling menikmati keindahan Kota Bandung.

Seperti pelaksanaan tahun pertama, yaitu 2012, Republika ROTR kali ini juga sekaligus merupakan ajang Kejurnas Time Rally atau reli ketepatan waktu, yaitu Kejurnas Seri 4 Jawa Barat.

Dalam perlombaan ini, peserta ditugaskan untuk mencari pos-pos yang telah disediakan oleh panita. Setidaknya, ada 20 pos yang harus dicari berdasarkan petunjuk pada awal lomba. Di setiap pos, peserta akan memperoleh stempel. Pemenang adalah mereka yang berhasil memperoleh cap terbanyak dan paling tepat waktu. Tapi, seperti tahun-tahun lalu, tak semua peserta bisa mendapat semua stempel. Republika  dalam penyelenggaraannya bekerja sama dengan  Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Polda Jawa Barat, Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, IMI Jawa Barat, Republika Online (ROL) serta Pemerintah Kota Bandung. Republika ROTR ini juga memperebutkan Piala Bergilir dan Piala Tetap Gubernur Jawa Barat serta sejumlah hadiah uang tunai jutaan rupiah.

Ketua Panitia Republika ROTR Yusuf Supriatna menjelaskan, Republika ROTR kali ini dibagi dalam dua seri. Seri pertama akan start sekitar pukul 13.00 WIB dari Balai Kota Bandung dan finis pada sekitar pukul 16.30 WIB di Gedung Pakuan atau Kediaman Dinas Gubernur Jawa Barat. Peserta reli akan sekaligus berbuka puasa di Gedung Pakuan. Trofi Gubernur Jabar juga akan langsung diserahkan pada pemenang seri pertama ini di Gedung Pakuan.

Sementara, seri kedua akan start dari Gedung Pakuan sekitar pukul 18.30 WIB dan akan finis di Balai Kota Bandung. “Pengibaran bendera start dan finis di Gedung Pakuan insya Allah akan dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan,” ujar Yusuf.

Republika ROTR yang didukung berbagai pihak ini akan diikuti sekitar 60 hingga 70 mobil peserta reli, baik dari kelas pemula maupun kelas nasional dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Peserta datang, antara lain, dari Kaltim, Kalsel, DKI Jakarta, Jatim, Jateng, Sumsel, dan tentunya pereli-pereli tangguh tuan rumah Jawa Barat. “Jadi, Time Rally sambil fun dan menikmati keindahan Kota Bandung dan sekitarnya. Untuk seri kali ini, insya Allah soal-soalnya tidak terlalu menyulitkan,” ujar Edwyn Tedja, ketua tim teknis lomba. Rangkaian kegiatan Republika ROTR ini juga akan diisi tausiyah oleh Ustaz H Erick Yusuf, hiburan nasyid, live band, dan stand up comedy. Juga, akan diberikan santunan pada sekitar 200 anak yatim.

Turut mendukung Republika ROTR ini, antara lain, Bank Syariah Mandiri, iHAQi, GT Radial, Honda, Racing4Autonews, RGP Panel, FCMBI, Nu Green tea, Warung Nasi Ampera, Dalapan Motor Sport, GT Radial, serta Michel Tire Sealer and Inflator. Republika ROTR juga didukung oleh CBL FM, Hits Radio, Radio Ardan, 99ERS FM, Radio Cakra, Radio B, serta i Channel.

Terpopuler