Tips Bugar Puasa Ala Djoko Kirmanto, Mau Tahu?

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Jumat 19 Jul 2013 16:22 WIB

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto. Foto: Antara/Agus Bebeng Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Setiap Ramadhan, beban Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, malah bertambah. Maklum, ia orang yang paling bertanggung jawab untuk memastikan semua jalan dan infrastruktur siap menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran, terutama Pantura, yang selalu menjadi sorotan.

Situasi itu tidak menyurutkan semangat menteri untuk berpuasa dan tetap aktif. Lalu, apa kiat sang menteri agar tetap bugar dan menjaga stamina saat bertugas? "Dengan bekerja keras," kata Djoko Kirmanto kepada ROL awal pekan ini.

"Justru puasa jangan malas-malasan, harus tetap bekerja," ujarnya. Dengan tips sederhana itu, ia mengaku tak pernah mengalami gangguan kesehatan. "Alhamdulillah hingga kini tak ada keluhan," ujarnya.

Selain bekerja keras menteri satu ini mengaku rutin begerak. "Setiap hari saya selalu olahraga, minimal jalan kali setengah jam setiap pagi, setiap hari, jarang absen," tuturnya. Namun, saat Ramadhan ini ia belum pernah berolahraga seperti biasa.

"Seharusnya saat Ramadhan tidak boleh berhenti," katanya mengomentari diri sendiri. "Nanti sepertinya harus saya aktifkan lagi, berolahraga di 10 hari terakhir (Ramadhan)."

Terpopuler