'Ngguduk' Buka Puasa Sambil Nonton Film Pendek

Red: Didi Purwadi

Kamis 18 Jul 2013 21:20 WIB

Ngabuburit (ilustrasi) Foto: Antara Ngabuburit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Komunitas penggemar film di Magelang, Jawa Tengah, "Borobudur Movie Links (BML)" menggelar pemutaran film durasi pendek sebelum buka puasa di beberapa tempat untuk menguatkan apresiasi masyarakat terhadap karya perfilman yang berkualitas.

"Untuk memahamkan kepada mereka tentang film-fim yang bermanfaat, supaya masyarakat bisa memilih dan menyerap film yang bagus ditonton dan bermanfaat, tidak sekadar sinetron, khususnya untuk pendidikan nilai," kata Koordinator "NgguDug Film Pendek" BML Magelang, Sobiin, di Magelang, Kamis.

"NgguDug" adalah singkatan dari "Menunggu Bedug" dengan maksud menanti saat beduk tanda buka puasa ditabuh.

Pihaknya telah menyiapkan sejumlah karya film pendek seperti berjudul "Aminah", "Apa Itu Islam", "Slenggrong", "Jangkah-Jangkah Tumapak", dan "Dunia Kecil dalam Kotak".

Ia mengatakan sejumlah film yang diputar di beberapa tempat mulai Kamis hingga Rabu (31/7) itu, karya kelompok mahasiswa dan pelajar, perseorangan, maupun dari tayangan televisi komunitas yang diunduh dari internet.

"Durasi masing-masing film yang kami putar bervariasi antara empat hingga 15 menit," kata Sobiin yang juga mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tidar Magelang itu.

Beberapa tempat pemutaran film pendek itu antara lain Masjid Universitas Tidar Magelang, Masjid Al-Ikhlas Sambung Kidul, Kota Magelang, Tempat Pendidikan Al Quran Tegaljoho, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung.

Selain itu, "Bee Jak Kafe" Tegalrejo, Kabupaten Magelang, dan Dusun Candi, Desa Sidorejo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.

"Acara dimulai pukul 15.00 WIB hingga sekitar pukul 18.00 WIB, dengan sasaran masyarakat umum, khususnya generasi muda. Di setiap tempat pemutaran film, kami targetkan penonton sekitar 50 orang. Gratis," katanya.

Setelah pemutaran film, katanya, dilanjutkan dengan diskusi dan buka puasa bersama.

"Kegiatan ini sebagai pengisi waktu menjelang buka puasa. Daripada nongkrong menunggu buka puasa, kami ajak siapa saja untuk memanfaatkan waktu dengan kegiatan bermanfaat. Pemutaran film pendek ini kami harapkan memberikan motivasi kepada generasi muda tentang kehidupan yang bermakna dan religius," katanya.

Terpopuler