Konsumsi Serat Dianjurkan Saat Sahur

Red: Yudha Manggala P Putra

Kamis 18 Jul 2013 00:50 WIB

Brokoli Foto: Republika/Darmawan Brokoli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof Hardinsyah menyarankan untuk mengonsumsi banyak serat pada saat sahur supaya rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

"Semakin berserat semakin baik, karena akan lebih lama dicerna sehingga rasa kenyang bertahan lebih lama," kata Hardinsyah usai diskusi Nutritalk Sarihusada di Jakarta, Rabu (17/7) malam.

Sayur seperti bayam atau brokoli adalah jenis serat yang sangat dianjurkan karena lebih kaya serat. Sementara untuk buah, Hardinsyah menganjurkan agar buah tidak dikonsumsi dalam bentuk sari buah atau jus karena akan mengurangi seratnya.

"Jagung juga bisa membuat kenyang lebih lama. Makanya ini bisa dijadikan makanan tambahan saat sahur," kata Hardinsyah.

Sereal yang berasal dari jagung juga bisa menjadi pilihan sebagai makanan tambahan untuk membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Selain makanan berserat, makanan yang kaya protein serta lemak juga bisa menjadi pilihan karena akan lebih lama dicerna oleh tubuh.

"Namun saat berbuka, hindari makanan berlemak seperti gorengan, namun berbukalah dengan makanan yang manis," imbau dia.

Saat berbuka, orang yang berpuasa harus dapat lebih cepat dalam memulihkan energi sehingga dianjurkan untuk memilih jenis makanan yang bisa lebih cepat diproses oleh tubuh seperti makanan manis, imbuh Hardinsyah.

Terpopuler