UMM Salurkan 2,4 Ton Kurma dari Arab Saudi

Red: Taufik Rachman

Rabu 17 Jul 2013 18:34 WIB

Kurma Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kurma

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG--Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, mulai menyalurkan bantuan berupa kurma sumbangan dari Arab Saudi sebanyak 2,4 ton kepada masyarakat sekitar kampus, organisasi mahasiswa, panti asuhan, dan masyarakat.

Panitia penerima bantuan Abdul Haris di Malang, Rabu, mengatakan penyaluran bantuan kurma dari Arab Saudi melalui Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut merupakan tradisi rutin tahunan pada bulan Ramadhan.

"Setiap tahun kita mendapatkan sumbangan kurma dari Arab Saudi dan jumlahnya juga terus bertambah, sehingga masyarakat yang mendapatkan bantuan juga makin banyak," ujarnya.

Selain mendapatkan sumbangan kurma sebanyak 2,4 ton, katanya, bantuan paket buka puasa yang dikelola Markas Dakwah Masjid AR Fahruddin UMM juga bertambah. Tahun lalu paket buka puasa yang disalurkan sebanyak 9 ribu paket dan tahun ini sebanyak 11 ribu paket.

Menurut Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri UMM itu, untuk bantuan paket buka puasa memang baru tahun kedua. Paket bantuan buka puasa itu berupa nasi kotak dan takjil atau kurma dan air mineral.

Untuk paket buka puasa tersebut, lanjutnya, disalurkan berdasarkan permintaan institusi atau komunitas tertentu serta dikoordinir panitia kegiatan bulan Ramadhan.

Haris mengemukakan disamping bantuan berupa kurma dan paket buka puasa, UMM juga dipercaya untuk menyalurkan bantuan untuk pembangunan masjid di wilayah Malang raya dan sekitarnya, beasiswa bagi anak yatim di SD dan MTs Muhammadiyah serta membuatkan sumur bagi warga kurang mampu di Madiun.

Bantuan selain kurma dan paket buka puasa tersebut, katanya, merupakan bantuan dari para pengusaha Arab Saudi yang dikoordinir oleh Ustadz Adil At-turki yang saat ini mengajar Bahasa Arab di UMM.

Terpopuler