Stasiun Televisi Prancis Siarkan Azan Saat Ramadhan

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Fernan Rahadi

Rabu 17 Jul 2013 14:16 WIB

Azan (ilustrasi) Foto: forsil.org Azan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pemirsa televisi Muslim di Prancis mulai lega. Kini, salah satu stasiun televisi negara itu mulai mengakomodir tayangan azan. Mereka mengikuti salah satu stasiun televisi di London, Channel 4 beberapa waktu lalu.

La Locale menjadi stasiun TV pertama yang menampilkan panggilan shalat itu. Stasiun televisi terpopuler di negara kiblat para model itu memulainya dalam Bulan Ramadhan kali ini. Azan akan berkumandang selama lima kali sehari, selama Ramadhan.

ABNA News mengatakan tayangan adzan tersebut adalah yang pertama kali terjadi di Prancis. Selain azan, La Locale dikatakan membuat program semarak Ramadhan. Termasuk di antaranya program-program televisi hiburan selama berpuasa.

La Locale tentunya tidak meninggalkan nuansa keberagamaan yang kental selama bulan suci umat Islam itu. Saluran tersebut menyiapkan armada siarannya di masjid-masjid di Prancis untuk ditayangkan secara daring.

Prancis merupakan negara di Benua Eropa dengan tingkat populasi muslim terbesar. Salah satu kotanya, Marseille, dikenal sebagai kantong Muslim terbesar di Prancis.

Tidak ada catatan resmi berapa angka pasti Muslim di negara itu. Namun dikatakan tidak kurang dari 8 juta jiwa. Ratusan ribu diantaranya adalah mualaf.

Terpopuler