Kapal Mudik Gratis Mulai Dikerahkan 2 Agustus

Red: Didi Purwadi

Rabu 17 Jul 2013 06:40 WIB

 Pemudik kapal laut. Foto: Antara/Dhoni Setiawan Pemudik kapal laut.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMENEP -- Pemberangkatan kapal mudik-balik gratis yang merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada masa angkutan Lebaran 2013 akan dimulai pada 2 Agustus.

"Itu sesuai hasil rapat koordinasi di Dinas Perhubungan (Dishub) dan LLAJ Provinsi Jawa Timur. Jadwal pemberangkatan kapal mudik-balik gratis itu pada 2-13 Agustus 2013," ujar Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dishub Sumenep, M Choyroni Argoto, di Sumenep, Selasa.

"Ada tiga kapal yang disediakan Pemprov Jatim untuk program kapal mudik-balik gratis,'' katanya. ''Kapal itu nantinya melayani jalur Surabaya-Masalembu, Kalianget-Kangean, dan Banyuwangi-Sapeken.''

Ia mengatakan warga yang ingin menjadi peserta program kapal mudik-balik gratis itu sudah bisa mendaftarkan diri ke kantor syabandar setempat.

"Untuk di Sumenep, pendaftaran bisa langsung ke Kantor Syahbandar Kalianget. Peserta program kapal mudik-balik gratis ini diutamakan kepada warga kurang mampu," paparnya.

Ia juga mengemukakan daya angkut tiga kapal yang akan melayani program kapal mudik-balik gratis tersebut masing-masing 150 penumpang.

"Kami berharap warga yang ingin memanfaatkan program kapal mudik-balik gratis ini bersikap bijaksana dan tidak memaksakan diri. Kalau jumlah penumpang kapalnya sudah memenuhi daya angkut maksimal, sebaiknya ikut kapal pada jadwal pemberangkatan berikutnya," katanya.

Jadwal pemberangkatan kapal mudik-balik gratis yang melayani jalur Surabaya-Masalembu adalah 2 Agustus, 6 Agustus, 9 Agustus, dan 11 Agustus, dan Masalembu-Surabaya pada 3 Agustus, 7 Agustus, 10 Agustus, dan 12 Agustus.

Kapal mudik-balik gratis yang melayani jalur Banyuwangi-Sapeken adalah 3 Agustus, 5 Agustus, 7 Agustus, 10 Agustus, dan 12 Agustus, dan Sapeken-Banyuwangi pada 4 Agustus, 6 Agustus, 9 Agustus, 11 Agustus, dan 13 Agustus.

Sementara jadwal pemberangkatan kapal mudik-balik gratis yang melayani jalur Kalianget-Kangean adalah 3 Agustus, 5 Agustus, 7 Agustus, 10 Agustus, dan 12 Agustus, dan Kangean-Kalianget pada 4 Agustus, 6 Agustus, 9 Agustus, 11 Agustus, dan 13 Agustus.

Terpopuler