Ingin Mudik dengan Bus? Daftarkan Diri ke Jasa Raharja

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Dewi Mardiani

Selasa 16 Jul 2013 15:53 WIB

Jasa Raharja (Ilustrasi) Jasa Raharja (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk menekan tingginya angka kecelakaan saat mudik Lebaran, PT Jasa Raharja sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yang mengurusi dana pertanggungan wajib kecelakaan membuat suatu langkah antisipasi. Perusahaan itu menyiapkan 250 bus gratis.

Sekretaris Perusahaan PT Jasa Raharja, Budi Sulistijo, menjelaskan setiap tahun kecelakaan terbesar didominasi oleh pengendara motor. ''Agar beralih pengendara motor disediakan bus gratis,'' kata dia di Jakarta, Selasa (16/7) siang.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Setyarso, menambahkan kecelakaan oleh pengendara motor mencapai 70 persen dari total kecelakaan. ''Maka itu fokus kami di pengendara motor,'' ujar dia.

Jasa Raharja telah menyediakan 250 armada bus berkapasitas 13.500 orang dengan 44 kota tujuan se-Jawa dan Lampung, Seperti Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Semarang, Yogyakarta, Solo, Pacitan, Pasuruan dan Lampung. Bus-bus tersebut nantinya akan diberangkatkan dari dua kota besar, yaitu Jakarta dan Surabaya.

Untuk pemberangkatan mudik dari Jakarta, akan dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2013. Sebanyak 215 armada bus dengan 29 kota tujuan akan berangkat dari Parkir Timur, Senayan. Sedangkan dari Surabaya akan diberangkatkan 35 bus dengan 15 kota tujuan.

Syarat untuk mendaftar mudik gratis ini ialah dengan menyerahkan foto copy SIM C, foto copy KTP, fotokopi STNK (motor), fotokopi Kartu Keluarga. Untuk satu keluarga yang mendaftar, maksimal hanya diperbolehkan empat orang.

Pendaftaran mudik gratis untuk pengendra sepeda motor dibuka mulai 16 sampai 18 Juli 2013. Tempat pendaftaran akan dibuka di empat kantor Jasa Raharja yang berada di Jakarta, yaitu Kantor Pusat Jasa Raharja yang berada di Jalan Rasuna Said, Kuningan; Kantor cabang Jasa Raharja Jakarta Selatan di Pasar Minggu; kantor cabang Jasa Raharja Jakarta Timur di kawasan Duren Sawit; kantor cabang Jasa Raharja Jakarta Barat di Kebun Jeruk.

Terpopuler