Jelang Lebaran, Pelayanan Pelabuhan Merak Ditingkatkan

Red: Dewi Mardiani

Senin 15 Jul 2013 18:01 WIB

Ribuan kendaraan pemudik memadati parkiran yang ada di lima dermaga Pelabuhan Merak, Banten. Foto: Republika/Agung Supriyanto Ribuan kendaraan pemudik memadati parkiran yang ada di lima dermaga Pelabuhan Merak, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry berkomitmen meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten, menjelang mudik Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Kami menargetkan pembangunan parkir dermaga empat dan kantong parkir penampungan kendaraan di bekas lahan PT Kereta Api Indonesia seminggu sebelum lebaran sudah dioperasikan," kata Manager Usaha Pelabuhan Merak PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Nana Sutisna di Merak, Senin (15/7).

Ia mengatakan bahwa pihaknya komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan. Saat ini, pelabuhan Merak terus membenahi sarana dan prasarana guna menunjang kelancaran angkutan mudik lebaran. Apabila, lokasi parkir itu sudah selesai kemungkinan bisa menampung ribuan kendaraan sehingga tidak terjadi penumpukan angkutan.

Selain itu juga mengoptimalkan 11 loket tiket untuk mengatasi antrean penumpang pejalan kaki. Di samping itu petugas bekerja keras untuk emngatur lalulintas agar tidak terjadi antrean kendaraan. "Kami optimistis angkutan mudik tahun ini relatif baik dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Menurut dia, ASDP Merak juga memberikan kemudahan bagi penumpang cacat fisik maupun usia lanjut dengan menyediakan peralatan kursi roda. Peralatan kursi roda itu disediakan sebanyak 11 unit untuk mengantar penumpang ke atas kapal "roll on roll of" atau roro.

Begitu pula ASDP Merak menyediakan ruangan ibu untuk menyusui bayi juga delapan titik pos kesehatan. "Kami berharap pelayanan ini dapat menjadikan kenyamanan dan ketertiban bagi masyarakat," katanya.

Nana mengimbau masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan diharapkan jika berpergian sebaiknya siang hari. Sebab berpergian siang hari sangat menguntungkan, selain bisa mengurai kemacetan, juga angkutan berjalan lancar. Selama ini, kata dia, perjalanan penumpang kebanyakan malam hari sehingga terjadi penumpukan kendaraan.

Terpopuler